March 12, 2007

Humm... membosankan

Ternyata nulis blog itu membosankan ya... apalagi kalo ga ada yang baca dan komentar T_T
So, biar ga membosankan blog harus dibikin menarik.. tapi gimana cara bikin menarik ??? Well.... itu yang susah... ada ide ga ?

March 7, 2007

How they can be so creative ?

Humm... see the link on the left side of my blog ? There are some good link to some creative people....

How they can be so creative ? When I see those blog... Wow.. I'm amazed... check it out !

Basic Instinct ( Siapa pembunuh sebenarnya ? )

Bahas Film Basic Instinct yuk ...
Karena film ini udah lama, maka aku berani nulis panjang lebar, karena semoga udah pada nonton :p



*awas spoiler ...


Rilis : Film Basic Instinct dirilis tahun 1992 ( udah lama yak )
Cerita Utama : Ceritanya tentang pembunuh brutal dan seorang detektif bermasalah ( memiliki masalah untuk mengontrol emosi dan pernah beberapa kali ( 4 kali ) dan pernah terkena kasus penembakan terhadap polisi ) yang jatuh cinta terhadap tersangka pembunuhan yang merupakan penulis novel. Dan novel tersebut menceritakan seorang pembunuh yang menggunakan daya tariknya untuk membuat si detektif jatuh hati.



Jalan Cerita secara singkat ( sekedar ngingetin bagi yang udah pernah nonton tapi udah lupa -- bagi yang masih inget detailnya silakan langsung ke bagian pembahasan, dan jangan baca jika belum nonton ) :


Film bermula dari adegan ranjang seorang wanita dengan seorang mantan rockstar. Di atas ranjang tersebut sang rockstar menjadi korban pembunuhan dengan tusukan brutal dari sang wanita, menggunakan alat pemecah es.

Dari penyelidikan polisi, Polisi menemukan  satu tersangka yaitu Catherine, penulis novel-novel pembunuhan. Hanya saja, tampaknya Catherine ini tidak memiliki motif ( wanita ini kaya raya -- tidak mendapat manfaat kekayaan dari kematian bintang rockstar, dan bahkan si wanita menyatakan agak bersedih karena kematian bintang Rockstar karena bintang rockstar tsb bisa "memuaskannya" -- maaf ).

Anehnya, ternyata pembunuhan yang terjadi itu, sama persis dengan novel yang ditulis Catherine ( dan sudah dipublikasikan ) yang tentu saja bisa menimbulkan tiga interpretasi : 

1. Catherine yang membunuh 
2. Seseorang yang benci kepada Catherine ingin menjebak Catherin 
3. Seorang yang terobsesi pada novel tsb kemudian membunuh seseorang sesuai dengan novel ( interpretasi ketiga adalah interpretasi pribadiku--di film hanya disebutkan dua interpretasi ).

Cerita kemudian berlanjut pada introgasi secara sukarela ( si wanita berhak untuk tidak diintrogasi karena tidak ada bukti fisik yang mengarah kepadanya ) dan bahkan si wanita menawarkan untuk menjalani tes kebohongan, dan lolos dari mesin tes kebohongan.

Pak detektif bermasalah ( Nick ) yang yakin bahwa Catherine adalah pembunuhnya ( meski Catherine sudah lolos dari mesin tes kebohongan - karena Nick juga pernah lolos dari tes kebohongan) terus berusaha menyelidiki Catherine dengan membuntutinya, datang ke rumahnya, menyelidiki latar belakangnya dst. dan semakin dia menyelidiki, semakin banyak fakta-fakta yang menyebabkan Nick lebih curiga terhadap Catherine.

Dan ternyata, Catherine juga sudah menyelidiki Nick ( untuk bahan novelnya ) secara seksama ( bahkan dia tahu kebiasaan, julukan, minuman yang dihindari dsb. ).

Hanya saja kemudian dengan dituntun oleh Catherine, Nick kemudian mendapat fakta baru bahwa si pelaku bukan Catherine, melainkan Beth ( Dokter Psychologi Polisi ).

Cerita berakhir dengan terbunuhnya Gus ( sahabat Nick ) dan Beth, dan dengan scene terakhir Nick sedang berdua di atas ranjang, dan di bawahnya terdapat alat pemecah es ...


PEMBAHASAN ( khusus bagi yang suka jadi detektif, yang suka teka-teki )

Bagi yang suka sekali film-film seperti ini, timbul pertanyaan, siapakah yang melakukan pembunuhan-pembunuhan ?
1. Siapa yang melakukan pembunuhan terhadap Rockstar :

Menurut saya cukup jelas bahwa Catherine pelakunya, meskipun kita tidak dapat melihat wajah pembunuhnya dengan jelas, meskiupun rambut blonde si pembunuh bisa saja merupakan Wig ( yang kemudian ditemukan setelah Gus terbunuh ) tapi dari bentuk tubuh si pembunuh dan dari bentuk jari dan kuku jari tangan ketiak dibandingkan dengan milik Catherine di scene yang lain bisa disimpulkan bahwa Catherine pembunuhnya. Jika ditanya motif ... mungkin motifnya karena dia memiliki gejala psikopat yang " senang ketika lolos dari sesuatu yang menegangkan " ( dalam Basic Instict 2 diberikan istilah Risk Adiction )


2. Siapakah pembunuh Nielson ?

Sepertinya ini kurang jelas bagi saya. Meski jelas pistol pembunuhnya adalah ".38 caliber revolver" ( seperti kata Gus ) yang di kemudian hari ditemukan di kamar Beth, kita tidak bisa menyangka nahwa Beth pembunuhnya. Ingatlah pada ketika Nick datang ke Apartemen Beth dan kemudian Beth bertanya "Bagaimana kamu bisa masuk?" dan dijawab Nick "Harusnya kamu tidak meninggalkan pintumu tidak terkunci" dan kemudian Beth berkata "Oh tidak ( saya tidak meninggalkannya tidak terkunci ), Ada sesuatu yang salah pada pintu itu". Di sini bisa disimpulkan bahwa pintu apartemen Beth luncinya rusak yang berarti bahwa Catherine dan Nick bisa saja masuk dan menaruh pistol .38 revolver tersebut agar Beth yang dicurigai. bener ga ?

Pada kasus ini, menurut saya ketiga orang ( Nick, Beth, dan Catherine ) bisa saja membunuh Nielson.
Dan di sini harus ada motif yang menyebabkan Nielson terbunuh.

Motif bagi Nick mungkin karena dia marah kepada Nielson yang menyelidiki masa lalunya.
Nick tidak punya alibi, ketika itu hanya diperlihatkan bahwa Nick sedang menonton tv, tapi kita tidak tahu apakah Nick benar2 menonot tv dari sebelum hingga sesudah Nielsen mati ? bisa saja setelah Beth pulang Nick membunuh Nielsen.

Motif bagi Beth mungkin karena masa lalunya diketahui Nielson ( Nielson mendapatkan file Beth setahun yang lalu dari Berkley). Tapi jika demikian harusnya Nielson dibunuh sudah sejak lama ( karena Nielson sudah tahu sejak lama ) Kecuali jika Beth melakukannya saat ini agar Catherine semakin dicurigai. Dan lagi cukup aneh bagi saya, kita tahu di belakang bahwa pistol pembunuh Nielson sama dengan pistol untuk membunuh suami Beth. Berarti selama bertahun-tahun pistol tersebut disembunyikan oleh Beth dan tidak dibuangnya/dimusnahkannya padahal tentu saja ketika suaminya terbunuh Beth termasuk jadi tersangka ( biasanya polisi menetapkan tersangka dari keluarga terdekat terlebih dahulu ). Dan tentu sangat riskan jika menggunakan pistol tersebut untuk membunuh Nielson, yang jika di check akan mendapatkan bahwa pistol yang digunakan adalah sama, dan tentu saja menimbulkan kecurigaan terhadap dirinya.
Alibi Beth juga kurang jelas, bisa saja setelah Beth dari rumah Nick dia melakukan pembunuhan tsb.

Motif Bagi Catherine mungkin untuk menutup mulut Nielson yang sepertinya mengetahui tentang pembunuhan Professor ketika masih di Berkley. Mungkin terdapat petunjuk di sini, ketika Gus berkata bahwa Nielsen mendapat dana $ 50.000 tiga bulan yang lalu dan kemudian dijawab oleh Nick bahwa hal tsb. tidak masuk akal, karena 3 bulan yang lalu Catherine tidak mengenal Nick dankemudian dijawab oleh Gus " Mungkin untuk suatu hal yang lain". Hal ini bisa saja merupakan bentuk suap Catherine terhadap Nielsen. Dan juga dika dilihat, sepertinya Nielsen sangat tidak ingin Nick mendekati kasus ini, mungkin takut jika suap itu ketahuan.
Alibi Catherine lebih tidak jelas lagi, kita tidak tahu dia berada di mana pada saat itu.

nb. Terdapat kesalahan yang cukup fatal di sini. Ketika Nick datang ke lokasi pembunuhan, dia diberi tahu bahwa pistol pembunuh Nielsen adalah .38 caliber revolver dan kemudian pistol Nick diminta oleh atasannya dan kemudian dicium untuk mengetahui bau mesiunya, apakah pistol tsb baru ditembakkan atau tidak ( pistol yang baru saja ditembakkan menimbulkan bau mesiu yang tidak hilang dalam berpuluh menit ). Kalo kita perhatikan dengan seksama, pistol Nick jelas bukan tipe REVOLVER, sepertinya itu adalah Glock ( yang tentu saja bukan revolver). Seharusnya polisi tahubenar hal tsb, dan meskipun polisi tsb mencurigai Nick, dia tidak akan mencium pistol Nick, karena jelas peluru berasal dari pistol yang berbeda !

3. Siapakah Pembunuh Gus ?

Pembunuh Gus lebih misterius lagi.

Ehm.. dibahas lain kali saja ya... udah capek jarinya buat ngetik, otaknya buat mikir dan nginet-inget :p

Ayo... siapakah pembunuhnya? berikan opinimu dan bukti / alasan yang cukup kuat. Makasih.

March 5, 2007

Confuse ...

Humm.. Still dont know what to do with my blog....
I've spend some time to learn how this blog works.. but still ... There are so many feature I dont know how to use... ;p

And thats not the main problem, My main problem is : I dont have any story or something like that to post T_T

Ah.... maybe next time....

Test.. nyoba

Humm.. cuma pengin nyoba aja, gimana sih cara nge blog ....
Temen2ku udah lama nge blog dan aku sampai sekarang belum pernah yang namanya ngeblog... so, karena sedang ada waktu luang.. aku mo nyoba nge blog....

Pertama-tama yang mau ku test adalah tampilannya... kalo aku nulis pesen ini, ntar tampilannya gimana yak... :D :D

maklum baru pertama... jangan diketawain yaaaa ;p