November 8, 2011

Myth or Fact : Produk Samsung hanya bertahan 3-4 tahun ?

Saya jarang sekali memiliki barang hingga rusak.
Bahkan meskipun saya beli barang second pun, jarang sekali rusak.

Motor, kamera, lensa, elektronik (tv, mesin cuci,handphone,kulkas,mesin cuci, dvd player, speaker dst) hampir tidak pernah rusak selama bertahun-tahun. Dan tidak cuma satu motor satu handphone atau satu lensa atau barang elektronik ya...

Ya, memang salah satu lensa saya, Canon EF 24-70 f 2.8 L USM saya pernah rusak seperti dibahas di sini, namun itu lebih karena saya kurang teliti waktu membeli lensa tersebut (saya beli second hand).

samsung ?

pertama handphone saya, samsung U700, sudah dua kali kabel flexibelnya rusak.
kemudian handphone samsung c170 saya sekarang sering mati sendiri, sering hang sendiri.
dan terakhir Monitor komputer saya, samsung 17" wide saya mati.

umur ketiga barang itu rata-rata 3-4 tahun.

Handphone saya sebelumnya tidak pernah rusak, ok.. beberapa mungkin sekarang sudah rusak di si pencopet, tapi handphone istri saya, nokia supernova masih bagus sampai sekarang, begitu pula handphone adik saya, nokia jadul2 yang masih tebal itu masih bagus.

Ya, saya akui custumer service dan service center Samsung yang terletak di jl Arteri Pondok indah sangat memuaskan... pelayanan cepat, mudah, tidak ribet.... tapi, kadang kita tidak punya waktu untuk ke service center, dan yg lebih penting kadang ketika kita sangat membutuhkan barang itu namun dia tidak bisa berfungsi dengan baik.

So.. apakah saya yang ekspektasinya terlalu tinggi (ingin barang elektronik bertahan lebih lama), atau memang barangnya hanya memiliki umur sekitar 4 tahun ?

Seingat saya, barang-barang jaman dahulu itu sangat awet... termasuk barang elektroniknya. Saya memiliki radio jadul abis (merek eropa) buatan tahun 80an masih bagus.. punya tape recorder, amplifier dan speaker merek TEAC jadul (ampli buatan tahun 70an, tape dan speaker 80 an)  yang masih berfungsi normal sampai saat ini...

Bagaimana dengan pengalaman kalian dengan produk samsung ? Apakah hanya saya yang mengalami hal ini ?

Karena sebenarnya saya termasuk "fanatik merek", penginnya di peralatan rumah hanya memakai 2 - 3 merek saja.Karena itulah saya masih memiliki produk samsung lain, yang kebetulan baru berumur 7 bulan... dan semoga tidak mengikuti jejak yang lain..

8 comments:

  1. produk samsung memang cepat rusak. sudah gitu, kekurangan akan fiturnya kadang agak lucu, sesuatu yg sepele sering absen. pengalamanan melihat hp teman, keterbatasan fiturnya kadang gak masuk akal dan sudah gitu cepat rusak.
    di youtube banyak sekali soal produk samsung yang sucks.
    http://www.youtube.com/results?search_query=samsung+sucks&oq=samsung+sucks&aq=f&aqi=&aql=&gs_sm=e&gs_upl=1952l4744l0l4866l17l16l2l8l9l0l157l699l2.4l6l0

    PS: iframenya kekecilan nih jadi gak bisa masukin CAPTCHA, saya hack pake firebug jadi keliatan CAPTCHA input nya. pantes gak ada yang comment.

    ReplyDelete
  2. @Anonymous :
    Thanks buat comment nya.
    menurut saya sih, fitur di hp samsung saya sudah cukup. Bahkan lebih dari yg saya butuhkan :)
    misal, di HP samsung saya ada block list number, yg sangat berguna buat ngeblok nomor-nomor telepon telesales asuransi yg tiap hari mengganggu :D

    Terimakasih buat inputannya, ternyata itu ya yang menyebabkan ga ada yg comment.

    Terimakasih infonya, saya coba matikan dulu captcha nya selama beberapa hari ke depan.. :)

    ReplyDelete
  3. aneh kalau gampang rusak tidak mungkin jadi nomor 2 di dunia setelah nokia, karena barang tidak bermutu berita jeleknya cepat menular dari mulut ke mulut, misal kualitas motor cina, kualitas hp cina. Terlebih lagi orang eropa atau amerika utara standar kualitasnya lebih tinggi, sony ericsson aja udah mulai jeblok penjualannya gara2 kualitasnya menurun (gara2 ODM)

    ReplyDelete
  4. Humm.. masalah menjadi no 2 itu entah ada hubungannya atau tidak... namun kemungkinan lebih karena promosi besar-besaran...

    Kalo dilihat, lini handphone Samsung buanyak sekali... mereka membuat berbagai macam type, berbagai kelas... semua kelas dibanjiri produk mereka...

    Tapi saya kurang tau juga, karena itulah di sini saya menanyakan.. apakah hanya saya saja atau tidak hanya saya yang mengalami hal ini ?

    ReplyDelete
  5. Sony ericcson lebih awet....memory ram nya gede walaupun java,bisa nginstal aplikasi berat hingga 6.7mb walaupun java.memory chace gede walau cuma java,jadi jarang ''out of memory''.kalo samsung murah java,cuma bisa instal aplikasi maximal 500kb khusus java..,minim fitur.kalo kelas android emang melimpah fiturnya,tapi setengah setengah,contoh aja android samsung murah os GB cuma di beri procie 800mhz.dah jelas andro os nya super berat.

    ReplyDelete
  6. kata petinggi sony ericcson yang sekarang jadi SONY,berkata: ''terkadang..handphone anda akan berkedip,mati hidup,tombol tidak bisa di pencet,akses menu ngawur.,tapi bukan berarti handphone anda rusak,mungkin beberapa baris kode program pada handphone,telah keliru memberi perintah pada CPU.melakukan instalan ulang pada sony ericcson service center,akan membuat hape anda segar kembali'' (CEO SONY MOBILE).

    Jadi dimanakah kata ''RUSAK'' itu?

    ReplyDelete
  7. Di arteri pondok indah itu apakah bisa serbice DVd player ?? Tv dan dvd player saya sering hang sekarang .Tiba tiba mati hidup sendiri ,bikin parno orang awalny 😆 ..
    tapi kayaknya siih DRI dvd nya yg rusak .. soalnya kalau saya lepas kabel penghubung dvd ke tv .. Tv nya gak ada masalah ..USIA dvd
    nya Sudah masuk tahun ke 5.
    And.....

    Hp S4 ku baru memasuki tahun ke 2 tapi Sudan 3 Kali masuk ke samsung service center..

    Entahlah ada APA dengan samsung 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya bisa untuk semua barang samsung sih...

      Humm... kalo usia dah 5 tahun kayaknya memang dah rentan sih ya ... mungkin beli baru malah hampir sama ama biaya perbaikannya.. dan dpt yg lbh bagus fiturnya pula :)

      Delete