January 16, 2008

Ralat buat Copybook Error

Ralat buat postinganku yang sebelumnya, ternyata bukan copybooknya yang error...
ehm... maksudku... routine di copybook itu memang punya kelemahan, tapi "biasanya" juga gpp.

So sebenarnya mungkin /me bisa disebut menemukan kelemahan dari routine tersebut, tapi bisa juga dikatakan Salah cara menggunakan routineatau bisa juga disebut juga bahwa Routine tersebut memang sengaja dibuat demikian, so harus gitu, kalo gak gitu ya jadi error (meskipun pesan error yang ditampilkan "tidak" sesuai dengan "seharusnya" ) tergantung dari cara pandang kita dan kata hati kita

humm.. whatever... yang jelas, setelah menggunakan copybook itu sesuai dengan standar penggunaannya.. /me berhasil.

so... kalo ada sesuatu yang salah padahal biasanya bisa.. kata tentor ku sih.. Jangan gunakan kata "Ah biasanya juga bisa kok". Cek lagi semuanya. Lokalisir masalahnya, Sederhanakan masalahnya, sederhanakan code sampai se sederhananya -- kalo perlu sampai kode yang "pasti" jalan dahulu, baru kemudian jika berhasil, baru di tambahkan kerumitannya ( Jika kita udah membuat code yang panjang, sebaiknya kita comment dulu bagian2 yang berpotensi menimbulkan masalah, sederhanakan dahulu sampai sesederhana mungkin, kemudian step-by-step, comment nya dibuka kembali hingga ketemu letak errornya.

Lebih baik lagi kalo dibantu debugger, tentunya harus bisa cara menggunakan dan membaca pesan dari debugger ini (belajar lagi deh... T_T )

Apa gunanya pake debugger yang canggih kalo gak bisa membantu kerjaan kita, ya gak ?

Mohon maaf ya.. udah menyalahkan orang lain... :)

No comments:

Post a Comment