January 28, 2011

Review Mesin Cuci Samsung WA 70V3

Setelah beberapa hari menggunakan mesin cuci ini, saatnya memberikan penilaian :)

Mesin cuci ini datang pada saat yg sangat tepat, karena ga enak badan beberapa hari dan tidak bisa pulang cepat dari kantor, akhirnya cucian menumpuk selama hampir 10 hari ( hehehe ).

Sabtu siang kebingungan karena baju untuk kerja hari senin tidak ada, dan jika di laundry pun bisa kelar hari selasa malam (karena hari minggu tidak libur, dan cucian sabtu siang diproses senin pagi ) T___T

so.. akhirnya solusi terbaik adalah beli mesin cuci :)

Beli di jalan raya Ceger dekat Bintaro, dengan harga yg lumayan murah (hasil nawar sejam bareng ama pacar ane :p ).

Kenapa pilih Mesin Cuci Samsung WA 70V3 ?

1. karena terakhir kali pergi ke service center Samsung yg ada di alamat Arteri Pondok Indah, dilayani dengan sangat baik dan cepat. Penggantian spare part benar-benar tidak dikenakan biaya, pekerjaan cepat, dan diberi notifikasi (ditelpon) ketika pekerjaan service sudah selesai.. intinya karena puas dengan pelayanan service center Samsung di Pondok Indah :)

2. Karena modelnya keren, simple dan manis... bagian dalam tabungnya bentuk diamond (diamond drum), tampilan luarnya juga cantik :)

3. Ada fuzzy logic. Anak yg kuliah di jurusan Informatika pasti pernah dengar dengan salah satu metode kecerdasan buatan ini, so kupikir.. pasti mantap nih.... udah pake fuzzy logic :D

4. Masuk ke budget, kapasitas 7kg juga pas. Menurutku, ini yg paling cocok denganku. Canggih, bagus, sesuai budget, dan kapasitas juga pas.

Oh ya, mesin cuci ini buatan Thailand dan kulihat mesin cuci merek jepang yg lain (yg lebih mahal) juga buatan Thailand... so sama aja :p (kapan ya mesin cuci topload semacam ini dibuat di Indonesia?)

Pemasangan
Pemasangan ternyata agak ribet, karena selang input air dia dan kabel powernya tidak terlalu panjang. Pemasangan selang input air ini juga harus rapat dan ini yg agak susah karena keran saya tidak sama diameternya dengan adaptor bawaan. tapi akhirnya bisa diakalin menggunakan isolasi pipa :p ( punya rumah membuatmu bisa benerin pipa, bercocok tanam, benerin kelistrikan dst... liat aja ntar :D )

so... setelah dipasang, langsung deh dinyalakan....

kesan pertama wah canggih bener nih mesin cuci, ketika dihidupkan ada suara (notifikasi) dan led nya menyala. Tombol-tombolnya lunak (soft key) jadi kesannya bukan mesin cuci biasa. Setelah menekan tombol untuk mengeset program, level air dan kemudian tombol start jalanlah dia....

Engine Running ...
Pertama dia memasukkan air lewat selang secara otomatis, setelah air masuk sejumlah sesuai setting level air, mesin mulai jalan.

Suara mesinnya halus, tidak seperti mesin cuci di rumah mamah yg model dua tabung. mantap :)

Setelah beberapa kali mengeluarkan air, mengeluarkan air secara otomatis, membilas dan kemudian mengeringkan, akhirnya kelar (semuanya secara otomatis). Muncul tulisan check filter (respon normal ketika dia selesai mencuci).

Power di Off kan, tabung dibuka, ternyata cucian yg ada belum kering-kering sekali, mungkin sekitar 85% kering, masih perlu di angin-anginkan. Sebenarnya di mesin cuci ini ada mode "air turbo" yg diklaim akan membuat cucian kering hampir sempurna, namun sampai saat ini belum pernah ane pakai, karena belum butuh, butuh tambahan waktu yg lebih lama (kira-kira 30 menit lebih lama), dan takut kalau kalau merusak pakaian (hanya ketakutan tak beralasan ? ).

Malam itu, mesin cuci bekerja keras.... 24 jam pertama di rumah, dia nyuci sampai 4 kali... 4 batch, saking banyaknya cucian tapi ok ok aja tuh....

Listrik ? tercantum di situ 330W. Kenyataannya ? aku ga begitu tau, tapi selama nyuci 4 kali itu dia butuh listrik ga sampai Rp 2000 (ane tau karena ane pake listrik prabayar, dan pas mulai nyuci malam itu, posisi di Rp 33.000 dan sampai hari berikutnya masih di 31.xxx ) so... menurutku masih irit lah.... :)


Kesimpulan...

Plus (tidak terurut berdasarkan prioritas) :
1. Mesin halus.
2. Cukup irit listrik.
3. Sangat mudah dioperasikan.
4. Ada fungsi child lock (yg penting bagi keluarga baru yg punya anak kecil).
5. Bentuknya bagus.
6. Sangat praktis, masukkan detergent, pelembut, dan pakaian hidupkan, tinggal tidur besok udah 80% kering :)


Minus (tidak terurut berdasarkan prioritas) :
1. Inputan air harus kencang.
2. Tidak disertakan kabel ground (mencegah kesetrum).
3. Selang output tidak ada cantelannya, jadi tercecer waktu gak digunakan.
4. Proses mencuci agak lama (mungkin memang normal).
5. Satu bajuku sobek, tapi memang baju ini sudah lama sih... tapi setahuku sebelum dicuci belum sobek... tampaknya memang mesin cuci lebih merusak daripada mencuci dengan tangan... Sebaiknya ada mode soft untuk pakaian-pakaian yg lembut.
6. Tidak ada manual mode override. Simple memang menyenangnkan, tapi alangkah bagusnya jika ada manual override. misal mau wash berapa menit terserah kepada user nya.


Sampai saat ini sangat puas, sekarang cucian ga pernah numpuk lagi, tiap maksimal dua hari sekali ane masukin baju ke mesin cuci, ane tinggal tidur, paginya tinggal jemur dalam rumah. Pulang kantor biasanya sudah kering :)

Yang masih menjadi masalah, sekarang cucian bersih yg udah kering numpuk di kamar, belum di seterika...

Kapan ada yg bikin mesin seterika otomatis ya ?
:)

38 comments:

  1. Huft ....

    dua bajuku kok rusak ya... padahal baju mahal :(
    padahal ga dicuci bareng ama celana/jeans/jaket yg berpotensi merusak :(

    sayang sekali tidak ada mode soft :(

    ReplyDelete
  2. di artikel tertulis:
    Minus (tidak terurut berdasarkan prioritas) :
    1. Air input harus kencang.
    2. bla bla bla...

    maksudnya water input kali..
    air input kl bhs inggris kan artinya masukan udara tuh..

    ReplyDelete
  3. @Anonymous :
    Hahaha.. iya.. bahasaku campuran kayaknya :D

    ok deh saya perbaiki :)

    ReplyDelete
  4. apakah ada feature auto resume (kalo seandainya listrik mati)?

    ReplyDelete
  5. @DanieL :
    Ada... ada auto resume ketika listrik nyala kembali. :)

    ReplyDelete
  6. Mesin cuci top load memang lebih berpotensi merusak pakaian dibandingkan mesin cuci front load.

    ReplyDelete
  7. Oh gitu ya...
    tapi yg front loading harganya muahaaaal :(

    ReplyDelete
  8. saya baru beli mesin cuci samsung,, dan google mengantarkan saya ke blog ini. kebetulan beli di ES (electronic s*lution),, jadi mesin hanya diantar ke rumah,, dan installasi disuruh menghubungi langsung ke teknisi samsung.

    saya pikir instalasi mesin cuci semudah membalik telapak tangan. eh iya emang betul telapak tangan,, tapi tangannya gajah :D. kirain cuma posisikan mesin di dekat listrik,, tarik selang dari keran terdekat,, colok-colok,, baca buku panduan,, dan taraaa... sy sudah bisa nyuci cucian yg sengaja ditumpuk menunggu kedatangan si mesin!

    nyatanya dengan sok jago baca buku manual,, saya lepas skrup2 mesin cuci front loading sesuai petunjuk,, ditutup dengan tutup yg disediakan,, setel ini setel itu,, terakhir pas mau masukin selang air,, lah ini kok kemana selang airnya dimasukkin,, ternyata diameter selang air memang ga cocok sama mulut keran. keran di seantero rumahku lebih kecil dari mulut selang bawaan samsung... dan akhirnya skrg sy berpikir utk nelpon teknisi samsung deh,,

    thx utk sharingnya yaaa,, nice blog :)

    ReplyDelete
  9. @Oim Ahmad :
    Terimakasih sudah mampir :)

    @cupZ :
    Ouw gitu ya ? kirain instalasi dilakukan ama yg nganter mesin cucinya, ternyata ga ya ?

    Humm... sebenarnya kalo diameter lebih kecil, bisa ganti keran nya... hehe.. jadi tukang pipa deh... solusinya ganti keran lebih besar atau beli konverternya... kalo keran itu dedicated buat mesin cuci, mending diganti sekalian atau dicopot diganti yg pas :D

    tapi paling gampang sih telpon teknisinya samsung aja :D

    ReplyDelete
  10. saya bru beli, tapi ada sedikit masalah... kenapa saat mulai pencucian air langsung terbuang ya? jadi tidak tertampung n gag bisa nyuci...
    mohon solusinya yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah tanda bayi (child lock) nya nyala Pak ?

      Delete
  11. saya juga baru beli, selain water input yg kecil (tidak sesuai dengan mulut kran) saya malah kerepotan nyari box deterjent dan softener.... ada dimana yaaa???

    ReplyDelete
  12. Terimakasih mas Daus sudah mampir...

    untuk box detergent, coba buka tutup mesin cucinya, kemudian ada semacam laci kecil (warna putih) di hadapan mas (kalo mas mesin cuci di depan mas).
    untuk softener, ada di agak samping, warna tutupnya biru keunguan :)

    semoga membantu..

    ReplyDelete
  13. @ndaru :
    oh ya ? humm... barangkali mode proteksi bayi nya hidup dan tutupnya sedang dalam posisi terbuka ?

    ReplyDelete
  14. klo pd layar tertera 1E itu apa yachh soalnya buku petunjuk saya hilang mhn bantuannya

    ReplyDelete
  15. Punyaan a barusan beli mesin tidak jalan sama skali ....indikator normal smua n air tidak bisa jalan sama sekali mohon bantuanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya sya jg sm pak,xlo air nya di tuank secara manual bisa tidak ya,mesin cuci nya beroperasi?

      Delete
    2. Karena air di rumah saya kurang deras, nyucinya jadi lama, jadi meskipun tulisannya misal 40 menit, nyucinya bisa lebih dari 60 menit.

      Nah, ngakalinnya pas ngisi air, kita ikut tuang juga air, tapi jangan terlalu banyak juga, intinya ikut membantu pemasukan air agar ga terlalu lama.

      *lamanya di ngisi air

      Delete
  16. @Anonymous :
    sepertinya pernah kejadian, saya matikan (cabut kabel) trus hidupin lagi normal lagi. Tapi saya ga tau tuh kenapanya.

    @Sugeng Wahyudi :
    Mesin tidak bisa jalan sama sekali ?
    airnya ga bisa masuk sama sekali Pak ?

    Air baru masuk ketika sudah di on kan, coba pake mode fuzzy Pak...

    ReplyDelete
  17. Maaf pak sy bru beli mesin cuci ini, enak penggunaannya. Kemarin sy mencoba mencucui pertama kali, smua lancar smpai akhir, tetapi sy kaget ketika 1 hari kmdian sy cek kotak deterjennya tyata deterjennya masih utuh.Akhirnya pada pencucian selanjutnya sy tpksa mengaduk deterjennya scra manual krn dibuku petunjuknya tidak ada, minta tolong dibantu bgmn caranya agar deterjen bisa otomatis larut, terimakasih.

    ReplyDelete
  18. Pak Dhian :
    Nah, kasusnya sama dengan saya. Sampai sekarang saya selalu melarutkan detergennya ke pakaian karena detergen di kotak ga ikut larut semuanya, cuma dikit sekali yg ikut larut. Sepertinya ini karena airnya kurang deras.

    Coba ganti ke saluran air yg lebih deras Pak, barangkali membantu.

    :)

    ReplyDelete
  19. gan.. mau tanya.. keran di tempat ane kecil. nah ane pake nih mesin lama bgt, abis mencuci dy ngebilas, eh malah lama bgt hampir 1 jam blm selesai juga..

    itu kenapaya? ap karna keran air yg kecil???
    trus pake level water nya ap klo keran air yg kecil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan karena air keran sekali atau coba cek bagian input air. Dibuka, kemudian di cek bagian penutup biru, di situ ada saringan air, yg kalo kotor aliran air jadi sangat tersumbat, sehingga buat masukin air saja bisa lama bgt :)

      Kalo mau lebih cepat, waktu dia masukin air, agan bisa bantu dengan masukin airnya manual lewat atas... :)

      Delete
    2. hai. bisa ya masukin air dari atas? saya coba masukin air manual dari atas, tp ga mau muter, malah langsung keluar airnya. kenapa ya?
      thanks

      Delete
  20. Maaf sbelumnya, mau tanya mih, beda V3 dan V4 apa ya?? (WA-70V3 dgn WA-70V4)
    kebetulan saya mau beli mesin cucinya nih..
    Trims sbelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh maaf kurang tau, kemungkinan cuma beda versi ya... kalo angka 7 di depan sih sepertinya ke kapasitas :)

      Delete
  21. info nya dong sy baru beli mesin cuci samsung type wf8692nfv kenapa pada saat mengerinkan body nya getar kencang dan jalan padahal kaki nya sudah sy setel dan rata dengan ubin tolong info nya dong gan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya kadang memang begitu, mesin cuci saya juga terkadang bergetar hebat di saat-saat tertentu tapi akhirnya normal kembali.

      Mohon maaf belum bisa membantu ...

      Delete
  22. Makasih gan infonya. Ternyata sama juga kaya saya di akalin pipa 😄

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Kalo mesin cuciku dimasukin pewangi, ng ada wangi*nya sama sekali udah dimasukin 2,5 tutup botol m*lto tetep aja... kira* kenapa yah? --'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimasukin ke mana dan pas kapan ya Bu ?

      kalo saran saya mungkin pewangi jangan dimasukkan dari awal nyuci, tapi baru dimasukkan pas dia sedang membilas. Jadi pas dia lagi ngisi air untuk membilas, buka tutupnya, trus masukin itu pewangi ... boleh dicoba dulu, semoga berhasil :)

      Delete