February 4, 2011

Cincin Platina vs Emas vs Titanium vs Tungsten vs Keramik (part 1)

Berawal dari keinginan lama (sejak kecil), bahwa aku pengin cincin nikahku menggunakan bahan titanium. Karena aku ga suka warna kuning emas, dan ga suka emas ( ga tau kenapa ) dan satu lagi, aku ga boleh pake emas, maka berburulah cincin nikah Platina.

Mulai dari di situs forum kaskus.us, www.google.com, ask.yahoo.com dst.
Berikut adalah isi thread saya di kaskus :
Permisi Momod dan Admin Kaskus....


Barang yg dicari :
Toko atau pengrajin yg biasa mengerjakan cincin platina (bukan emas putih).
Platina = Platinum = Unsur kimia Pt.


Model :
Sederhana, bulat sempurna tanpa mata/permata.


Harga :
Mohon ajukan saja harga / gram nya.


Jumlah :
Satu pasang.


Kontak :
Silahkan tinggalkan link di thread ini, atau kirim email ke silverant[at]gmail.com


Waktu :
Segera sebelum * * 2011.


Demikian... jika ada info tentang penjual/toko atau link yg jual cincin tersebut di atas, mohon bantuannya ya Agan sekalian....




Mohon maaf kalo salah kamar, saya cari yg paling cocok di sini karena ada perhiasan.
Dari thread tesebut, aku mendapat beberapa PM dan balasan dari seseorang yg berbisnis di scarp platinum. Namun ketika dihubungi ternyata agak susah dan sepertinya dia tidak memiliki toko yg nyata... jadinya cancel.

Dari hasil pencarian di dunia maya, aku mendapatkan info bahwa di Jakarta yg jual cincin platinum cuma di salah satu toko perhiasan di Mall Plaza Indonesia dan toko Kaliem di Melawai, Blok M. Di Jakarta susah sekali mencari perhiasan platina.

Akhirnya, weekend saya (dan pacar saya) ke toko Kaliem dengan objective : Menanyakan seluk beluk cincin platina, mulai dari harga, kadar, garansi, harga jual, harga beli dst. dan juga mencari alternatif selain platina.

Dan benar saja, hampir tiap toko emas dan perhiasan di Blok M square dan melawai plasa kami tanya, dan hanya toko Kaliem ini yg bersedia memesankan cincin platina. Wow...

Di toko kaliem ini, kami dilayani oleh langsung dua orang... (mungkin karena dikira langsung mau beli platina, padahal mau nanya-nanya dulu :p ), dan pelayanannya sangat baik. Ramah dan jujur (ini yg penting). Karena kita beli logam mulia (platina/emas), jangan sampai dibohongi. Perlu diketahui, rata-rata toko emas Jakarta mengatakan bahwa emas 22 karat = 75%, jiah... dikiranya orang bodo apa yak, dan di toko Kaliem ini jujur.

Perlu diketahui, kadar emas murni itu 24 karat. so kalo kadarnya 22 karat artinya 22/24 = 91.6 %. Nah lho, trus 75% itu berapa karat dong ? Hitung aja lagi... 75% = 75/100 = 18/24 karat. Jadi emas dengan kadar 75% = 18 karat.

Apa artinya kadar 75% kadar 91.6% apa pengaruhnya ? Bagi yg berniat membeli emasnya sangat berpengaruh. emas 75% berarti berat emasnya hanya 75% dari berat perhiasan. So misalnya punya cincin 10 gram dengan kadar 75%, artinya emas kamu cuma 7.5 gram. Nah... trus sisanya apa dong ? sisanya campuran logam lain yg lebih keras.

Emas putih biasanya merupakan campuran emas dengan nikel, mangan, atau palladium.
Emas kuning biasanya merupakan campuran emas tembaga dan perak.
Ada lagi warna emas merah, ungu dan hijau, tergantung bahan pencampurnya mulai dari alumunium hingga seng.

Logamnya macam-macam, bisa tembaga, nikel, paladium, aluminium, perak dst. Masing-masing logam campuran ini memberikan warna akhir yg berbeda-beda.

Trus kenapa dicampur segala ? kok ga emas 100% saja untuk cincin / kalung / gelang ? karena sifat emas yg lunak, jadi kalo cincin kamu 24 karat, maka akan mudah bengkok-benkok, karena emas memang logam lunak :)

Back to topic, trus apa masalahnya ?
Sebenarnya ga ada masalah, asal kamu tau apa yg kamu beli. Maksudku, ketika kita pengin emas 22 Karat dan kita diberi emas 91.6% ga ada masalah, begitu juga ketika kita minta emas 18K diberi 75% ga ada masalah. Yang jadi masalah ketika kebanyakan toko emas bilang bahwa 22 Karat = 75%, yang tentu saja tidak benar.

Terus terang saat itu sempat merasa "wow murah sekali emas di Jakarta ?". Parameter murahnya karena saya bandingkan dengan harga emas internasional di www.kitco.com atau di www.logammulia.com.

Ketika itu saya nanya berapa harga emas 22 Karat, dan dikatakan sekitar Rp 290.000,- ini tentu sangat murah karena harga emas di internasional masih sekitar Rp 380.000,- per gram. Hitung-hitungannya, 22/24 * Rp 380.000 = Rp 366.400 berarti murah banget kan !

Nah di sinilah kita perlu hati-hati, jangan tergiur dengan harga murah... akhirnya nanya deh, 22K itu = 91.6 kan ? dan ternyata mereka bilang 22K = 75% (yg harusnya 75% = 18K). Nah lo.. pantesan... kalo 18 karat sih berarti harganya wajar ...
Hitungannya 18/24 * 380.000 = 288.400 yang berarti tidak jauh dari harga yang ditawarkan, Rp 290.000.

Untung ga tergiur kan.. bayangkan kalo merasa sudah "merasa" membeli emas 91.6 % tapi dapetnya 75%, bisa makan ati tuh... :D

Ah ga ngaruh.. mau emasnya 100%, 75%, 50% ga ngaruh yg penting bentuknya bagus.
 Humm... kalo kamu sudah bilang gitu, ga apa-apa juga sih, kan yg penting senang :p

bersambung ke bagian 2

17 comments:

  1. lanjutannya mana bos? :)
    penasaran nih dg cincin platinanya...

    ReplyDelete
  2. Eh... ternyata ada yg baca ya ?

    Siap, kalo ada yg baca, akan segera saya teruskan... mohon maaf karena sibuk dan merasa ga ada yg baca jadinya agak males2an nulisnya kemarin :p

    Terimakasih comment nya.. tunggu saja part 2 nya :)

    btw, nibiru ? seperti pernah dengar... nama planet kalo ga salah ya ?

    ReplyDelete
  3. lanjutannya mana yah??
    ikutan penasaran euy....
    oia toko mas kaliem tepatnya disebelah mana yah??
    dan brapa lama waktu pembuatannya?
    hatur nuhun...

    ReplyDelete
  4. @nibiru & widya :
    sudah saya tulis kelanjutannya di http://silverant.blogspot.com/2011/05/cincin-platina-vs-emas-vs-titanium-vs.html
    :)

    toko emas nya di lantai UG atau lantai 1. tokonya besar kok, ada dua-tiga loss yg dia ambil.. jadi termasuk yg terbesar di melawai itu :)

    kalo waktu pengerjaan kira-kira seminggu-tiga minggu untuk platinum. agak lama karena pengerjaan lebih susah...

    ReplyDelete
  5. Terima kasih keterangannya,
    sangat membantu orang awam (yang lagi nyari cincin kawin) seperti saya :D

    ReplyDelete
  6. salam kenal.....saya punya tuh pt batangan 16 ons troy saya jd tertatik nih dengan pembicara an soal platinium,saya mau tanya kira2 platinium tapal kuda sama gak yg buat pen orang sakit soal nya saya awam nih soal ini,lg pula saya mau jual dmn dan kmn pak trims atas info nya

    ReplyDelete
  7. thanx untuk sharing-nya,berguna banget bro

    ReplyDelete
  8. @wawinbolelavsky:
    Kalo sama sama platinum sama mas... ga peduli jadi apa, asal secara kimia adalah platinum, maka sama aja :)

    @Anonymous:
    sama-sama :)

    ReplyDelete
  9. Terima kasih infonya
    berguna banget.
    kebetulan lagi bantuin temen nyari cincin platina.

    Toko kaliemnya masih ada kan, sekarang ? :P

    ReplyDelete
  10. Thanks, Gan.
    Post-nya informatif banget :)

    ReplyDelete
  11. kbetulan bgt nih post nya...
    kl platina itu per gramnya brp ya?
    tq :)

    ReplyDelete
  12. @Syaiful sutanto :
    sama-sama... :)
    toko kaliem masih ada bro...

    @sitossi:
    Terimakaish kembali gan :)

    @Anonymous:
    Harga emas platina berubah tiap hari, coba cek ke www.kitco.com untuk harga per hari ini :)

    ReplyDelete
  13. gan mau nanya, apakah batangan penyambung tulang itu berbahan platina atau bahan yg mirip dgn platina? Krn sya awam dgn hal ini. Di mana ya kira2 kita bs menguji batangan pen penyambung tulang tsb? Thanks

    ReplyDelete
  14. asyik banget bacanya makasih infonya,lanjutannyaa mana

    ReplyDelete
  15. @Anonymous :
    saya kurang tau untuk penyambung tulang itu platina beneran atau campuran platina dan kurang tau juga platina berapa persen.

    untuk jual beli platina agak jarang di sini, biasanya kalo ada yg beli dibeli dalam bentuk scarp, untuk dilebur kemudian dijadikan barang lain.

    Jika memang mengandung platina dan kandungannya cukup banyak, harusnya sih bisa dijual ya...


    @Anonymous :
    silakan klik link "bagian 2" itu gan :)

    ReplyDelete
  16. Mau numpang tanya :), kalau saya amau buat medali seperti medali Purple Heart-nya Amerika dimana tempatnya ya? Tadinya kepikiran dari emas yang gramnya kecil (biar gak terlalu mahal dan kuat), atau ada bahan lain? Hanya mau buat satu tapi ekslusif banget. Terimakasih

    ReplyDelete
  17. coba ke toko emas Ibu Kota di Cikini... barangkali bisa membantu...

    ReplyDelete