May 9, 2011

Cincin Platina vs Emas vs Titanium vs Tungsten vs Keramik (part 2)

Ini dia lanjutan dari posting sebelumnya :)

Kami nanya-nanya tentang cincin platina, dan ternyata si pelayan tidak merekomendasikan cincin platina.
Alasannya karena :
1. Mahal.. mahal banget.
2. Susah dijual lagi.

Kita bahas satu-satu.

1. Mahal sekali.

Yup.. harga platina di dunia memang lebih mahal daripada emas. Berikut harga hari ini (diambil dari www.kitco.com)  :

Gold         1,502.05
Silver      36.24
Platinum 1,795.00
Palladium    723.00
Rhodium 2,130.00

Harga platina rata-rata sekitar 1.2 - 1.5 kali harga emas (tergantung naik permintaan dunia). Namun di Jakarta, harga platina kira-kira menjadi hampir 2 kali harga emas per gram nya.
Barangkali karena di Jakarta Platina tidak umum dijadikan perhiasan sehingga yang masukin bahan platina juga sedikit.
Jadi harga cincin platina 2x lipat harga emas ? Oh tidak... mahalnya belum sampai situ saja :)

Karena sifat unsur Platina yg memiliki massa jenis lebih besar dari massa jenis emas (Kalo lupa atau pengin liat detil massa jenisnya bisa lihat tabel periodik waktu pelajaran Kimia -- hahahaha... pasti males ), maka untuk membuat cincin platina dengan besar (lebih tepatnya volume) yg sama dengan cincin emas, akan membutuhkan platina lebih banyak.

So, singkatnya, harga cincin platina dengan kadar 90%, harganya 2-3 kali harga cincin emas dengan volume yg sama.

2. Susah dijual lagi.


Kenapa susah dijual lagi? karena peminat cincin platina di Indonesia sangat jarang. Sehingga kalo toko emas mau membeli, belum tentu mereka bisa menjualnya kembali. Karena itulah toko Kaliem tidak mau menerima kembali platina meskipun kita membeli darinya.

Terus dijual ke mana kalo punya cincin Platina ? Biasanya dijual ke pengumpul scrap platina, mereka ini mengumpulkan dan melebur platina-platina untuk digunakan lagi. Tentu saja kalo dijual ke mereka harganya tidak sama dengan waktu beli. Karena mungkin harga beli mereka seperti harga beli barang bekas atau rongsokan karena akan dilebur lagi (harga rongsokan platina tentu lebih mahal daripada besi bekas).


So... masih pengin cincin Platina ?

Toh cincin nikan kan buat selamanya, gak akan dijual lagi... dan Platina adalah Platina, logam yg memang memiliki sifat mulia ( Precious Metal ) so bakalan abadi :)

Jika saya orang kaya, kemungkinan besar saya akan tetap memilih platina.

Namun karena saya orang biasa, berpikir bahwa masa depan tidak ada yg tahu, dan barangkali harus jual cincin emas di masa mendarang (semoga penulis tidak mengalami keadaan yang terpaksa harus menjual cincin emasnya, amin ... ) saya tidak memilih platina.

Jika bukan platina, alternatifnya apa saja ?
Ada beberapa alternatif.

1. Beli cincin emas dua-duanya. tapi cincin suami ga usah dipake, simpan saja. Tapi biasanya istri keberatan kalo suaminya ga make cincin nikah :p.

2. Beli cincin emas dua-duanya, kemudian bikin cincin dummy atau duolikat dari perak atau bahan lain, cincin emas disimpan, cincin dummy dipake sehari-hari :)

3. Beli cincin yang berbeda, buat cewek emas, buat cowok bahan lain.

4. Bikin kedua cincin dari bahan lain, misal palladium. atau perak Toko emas Kaliem dan toko-toko emas lain di Jakarta banyak yg menyediakan alternatif ini, namun sayang, harganya hampir sama dengan emas, padahal jika melihat harga di atas, harusnya setengah harga emas...

thread tambahan

to be continued ...

34 comments:

  1. ayo dong lanjutin cerita sambungannya :D

    ReplyDelete
  2. Ini... bukan lanjutannya sih.. tp semacam tambahan :)

    http://silverant.blogspot.com/2011/05/cincin-platina-vs-emas-vs-titanium-vs_09.html

    ReplyDelete
  3. wah luar biasa penjelasannya, saya jadi tau berbagai macam logam mulia, thx sharenya gan

    ReplyDelete
  4. @Health Information:
    Sama-sama gan :)

    Thanks udah mampir :)

    ReplyDelete
  5. Selain toko Kaliem di Blok M, masih ada tempat lain lagi yg jual cincin platina? trus budget untuk sepasang cincin platina polos (tanpa batu) kira2 berapa?

    BJ emas (murni) 19,3 dan platina (murni) 21,4.
    Seharusnya tidak sampai tambahan 2x budget (di luar perbedaan harga) untuk mendapatkan volume yang sama.

    ReplyDelete
  6. @Chandra:
    Setahu saya cuma di situ dan di Plaza Indonesia.

    Budget... mungkin sekitar 2 - 3 kali biaya emas dengan gram yg sama.

    Oh iya, Anda benar, tampaknya saya salah melihat perbandingan antara massa jenis perak vs emas ....

    Terimakasih banyak koreksinya.. :)

    ReplyDelete
  7. Kalo logam yang biasa dipakai untuk pen penyambung patah tulang itu sama ga ama platina atau titanium, trus bisa ga ditempah jadi cincin, kalo bisa dimana alamat toko atau pengrajinnya

    ReplyDelete
  8. @Anonymous:
    seperti yg dibahas di atas, untuk menempa platinum itu ternyata sangat susah.

    biasanya kalo yg semacam itu akan dikumpulkan oleh pengumpul (scalp) dan nanti akan dilebur bersama cawan dari laboratorium dsb untuk di daur ulang untuk kepentingan industri...

    CMIIW

    ReplyDelete
  9. tengs share nya yah...b'manfaat bgt...

    ReplyDelete
  10. sama sama :)

    senangnya jika ada teman sekalian yg comment di sini dan merasa terbantu :)

    ReplyDelete
  11. mas minta alamat lengkapnya toko kaliem donk. ato ada rekomendasi toko mas lain yang jual platinum,saya di lombok lumayan jauh ke jakarta. kira2 habis berapa ya klo beli sepasang tp yang satunya emas aja klo beratnya 3 gram.thanks

    ReplyDelete
  12. untuk toko mas Kaliem bisa dilihat di :
    https://foursquare.com/v/toko-mas-kaliem/4cbd552d035d236a5c54ea4e

    no telp toko mas Kaliem : (021) 7247085, 7260676, 7260677

    Untukdi daerah lombok mohon maaf kurang tahu, tapi sepertinya agak susah.. karena di Jakarta pun hanya beberapa toko mas yg bersedia menyediakan cincin platina...

    Untuk harga, coba kontak ke no telpon di atas :)

    ReplyDelete
  13. makasih infonya, walau telat bgt (dulu sy memutuskan untuk pake cincin yg 24K dan jdinya bengkok2 deh kalo di pake). untuk keseharian akhirnya pake cincin duplikat aja.

    ReplyDelete
  14. humm.. iya sih, kalo emas 24K emang terlalu lunak buat dijadikan perhiasan...

    tapi menurutku justru ga perlu minder.. karena yang mleot mleot itu justru lebih mahal :D

    ReplyDelete
  15. Ane numpang promosi ni gan....
    Bagi yang ingin menjual perhiasan ema, perak, platina. & berlian hub : ane 0812 1819 4418..
    Djempu + dibayar ditempat..
    Aman terpercaya..
    Bebas dari penipuan..

    ReplyDelete
  16. mohon info, kemana bisa jual platina bekas pen penyangga tulang ? soalnya saya punya tuh...kalau ada info orang yangmau beli mohon di share ke imoe77@yahoo.com ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di atas komentar agan ada yg terima jual beli platina tuh gan...

      *saya tidak ada hubungannya dengan beliau ya...

      Delete
  17. maksi buanget infonya gan puas aku baca lanjutanya

    ReplyDelete
  18. @Anonymous :
    haha... sip sip :) senang bisa membantu :)

    ReplyDelete
  19. mo nanya harga titanium pergrammnya brp?jualnya dmn?tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane punya cincin dan kalung yang udah jadi gan, bahan titanium, siapa tahu minat mampir aje dimari : http://www.romancouple.com

      Delete
  20. Saya punya platina/pen bekas patah tulang, kira-kira dimana saya bisa jual ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ada yg beli platina, tapi dieli harga "loak" karena nanti oleh dia akan dilebur kembali. Coba search jual beli platina scrap di google.

      Delete
    2. btw, itu di posting komentar di atas agan ada yg terima jual beli platina. mungkin bisa dihubungi langsung :)

      Delete
  21. Lonewolfblues, saya ada titanium sisa konstruksi condenser, kadar 98.9%, wujud pipa 1"
    monggo email saya di pareman1@gmail.com

    ReplyDelete
  22. wah.. gak nyesel ane jualan cincin kalung pasangan dari titanium, ternyata masih lebih baik dari pada emas dan platina..,,thanks gan atas infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parameter lebih baik nya mungkin dari satu sisi, kalo dari sisi lain, titanium bukan logam yg "mulia" :)

      Delete
  23. Mo tayak ne,kalok platina yang ada pada kontaktor itu murni apa campuran?.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, saya kurang tau yg dimaksud kontaktor.

      Delete
    2. kalau platina yang dikontaktor tu murah mas erik. itu bukan platinum, sebutan tekniknya aja platina ato kontak poin. bahan dasarnya campuran tembaga n kuningan. kalau ada saya bisa tampung tuh....

      Delete
  24. cincin kawin dari bahan platina emang mahal. ada harga ada barang kualitas teruji waktu (tahan dari cuaca),, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, platina cenderung lebih "abadi" kelemahannya ya mahalnya itu :D

      Delete
  25. disamping mahal tpi juga berkwalitas........ menggunakan cincin kawin tidak untuk 1-2 hari tapi untuk seumur hidup ........

    ReplyDelete