January 8, 2013

Benarkan Investasi Emas Logam Mulia Selalu Menguntungkan ?

Sesuai judul, benarkah investasi menggunakan sarana logam mulia selalu menguntungkan ?

Akhir-akhir ini banyak buku dan orang yang tiba-tiba berinvestasi emas, beberapa dari mereka yakin seyakin-yakinnya bahwa investasi emas selalu menguntungkan untuk jangka panjang. Namun benarkah seperti itu ?

Jika melihat grafik dari www.kitco.com, harga emas untuk 10 tahun terakhir memang meningkat tajam, dan sepertinya tidak pernah ada penurunan yg signifikan.

Begitu pula dari tabel tabel yg diberikan oleh beberapa sumber, tampaknya harga emas per dolar selalu naik dari tahun ke tahun.

Pertanyaannya benarkah investasi emas selalu mengalahkan inflasi ? Benarkah investasi emas selalu menguntungkan ? Bisakah emas selalu mempertahankan daya belinya ?

Tampaknya tidak juga.

Jika kita melihat grafik jauh ke belakang, sekitar 30 tahun lalu, dengan grafik yg sudah disesuaikan dengan standar hidup saat itu, maka yang terlihat adalah, harga emas tahun 80 an masih lebih mahal daripada harga emas hari ini.

Artinya, jika anda membeli emas pada tahun 80 an dan menyimpannya hingga sekarang, investasi Anda negatif bukan positif.

2 comments:

  1. Investasi Emas Logam Mulia tidak selalu menguntungkan walaupun harga emas relatif stabil, komentar juga dong ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Investasi emas selalu menguntungkan.
    Itukan harga ketika melonjak tajam, dan hanya terjadi beberapa saat saja.
    Jadi gak bisa dijadikan kesimpulan.

    Dimana2 orang investasi melihat harga beli. Ketika harga beli melonjak tajam, mestinya nunggu dulu harga stabil.

    ReplyDelete