November 29, 2007

I hate bureaucracy


Birokrasi birokrasi....

Ternyata birokrasi benar-benar menyebalkan !
Benar-benar membuat lama dan tidak efektif. Sesuatu yang bisa dilakukan dalam waktu 30 menit bisa jadi 2 minggu lebih, hanya karena birokrasi...

Berapa lama sih waktu yang dibutuhkan untuk membuat account Lotus Notes ? 10 menit ? 30 menit ? OK lah.. 1 jam paling lama (udah sambil ngenet tuh!). Tapi kenyataannya 2 minggu lebih ! Kenapa ?

Birokrasi !

Untuk membuat account Lotus Notes baru, /me harus membuat surat permohonan permintaan account baru (account lama yang rusak dan gak bisa diperbaiki harus diganti baru).
Setelah itu harus minta tanda tangan Manager ku.. sayang, kebetulan managerku sedang di luar kota, so hari berikutnya baru bisa dapat tanda tangan.

Hari ke 2 aku berikan surat tersebut ke bagian administrasi Jar-HW (Jaringan dan Hardware), dan ternyata harus mendapat tanda tangan dari Manager Jar-HW...

Hari ke 3 dapatlah persetujuan dari Manager Jar-HW. Tapi sayang, giliran bagian administrasi yang sibuk... so baru bisa mengentry permintaan ku seminggu kemudian...

10 hari telah lewat...
hari ke 11 bagian administrasi minta ke bagian teknis Jar-HW... kini giliran bagian teknis Jar-HW yang sibuk, dan hari ke 14 baru sempat membuat accountku...

Hari ke 15 beliau datang menginstall Account Lotus Notesku....

fiuh.. 15 hari...
padahal pada hari pertama, ketika aku ngobrol dgn bagian teknis Jar-HW, dia bilang "Sebenarnya sih aku bisa bikin notes Client mu, paling butuh berapa menit.. tapi di sini ada prosedure nya, kamu harus mengikuti prosedurnya"

Birokrasi juga bisa membuat orang jadi "manja"

Dulu aku punya semacam moto "Kalo masih bisa dikerjakan sendiri, jangan minta tolong orang lain!" <-- hasil penggojlokan senior Tele nih

Tapi di sini ternyata hal itu TIDAK BOLEH dilakukan.
Bahkan sekedar membantu memasangkan Kabel jaringan ke komputer, Setting Printer (Add printer di windows) itu juga JANGAN SEKALI-KALI dilakukan.

Kenapa ? Karena udah ada orang yang bertugas untuk itu... (gitu katanya)

ck ck ck...

Padahal dulu apa-apa dilakukan sendiri.. sekarang apa-apa ga boleh dilakukan sendiri... serahkan ke bagian yang bertanggung jawab atasnya !

Kalo bisa cepet sih gpp... lha kalo cuma ga bisa connect ke LAN aja penyelesainnya butuh beberapa hari... minta account Notes 15 hari, minta account vpn... ehm.. udah berapa hari ya ? Kalo prosesnya lama gini... gimana bisa kerja ?? ya gak ?


Tapi..
Mungkin birokrasi memang diperlukan, terutama mungkin masalah pelimpahan tanggung jawab...

Tentu saja teknisi ga mau disalahkan kalo tiba2 aku punya account Note padahal aku gak di authorized untuk mendapatkan akses Notes... Si teknisi bisa bilang "Lha aku kan cuma diminta bikinin itu, ini surat perintahnya, ada tanda tangan manager juga, kalo mau salahin, salahin managernya doong! Gw cuma menjalankan perintah kan!?"

Ah Birokrasi...
Tetep aja aku ga suka kamu !

No comments:

Post a Comment