February 7, 2009

You hear but do not listen. The distinction is clear.



Ya..
You hear but do not listen. The distinction is clear.

Ternyata tidak semua orang benar-benar memperhatikan musik yang didengar.

Apakah itu salah ?
No no.. gak ada yang salah di sini.

Jika mereka bisa menikmati musik tanpa harus menyelam dalam ke musiknya, itu bagus, mereka membutuhkan effort yang kecil untuk mendapatkan kenikmatan... mereka cukup beuntung karena tidak membutuhkan konsentrasi penuh, dan bahkan audio yang mahal untuk bisa menikmati musik.

Mengapa bisa berkata seperti ini ?
Berawal dari chatting dengan temenku yang pengin tahu gimana sih cara mendengarkan detil musik ? trus juga dengan temen kantorku yang dia tidak merasakan beda suara antara headphone Altec Lansing AHP 10, sennheiser HD 202,dan Grado SR 125... dan kemudian pas jalan2 dengan teman yang ke Electronic City, dia juga tidak bisa merasakan beda antara audio kecil dan dan besar... katanya sama aja, kalo lagunya sama, suaranya juga sama..

Padahal, hampir dengan audio apapun, kamu bisa mendengarkan detil suara dengan lebih baik kalo mau berkonsentrasi.

Dulu aku bahkan melakukannya hanya dengan speaker bonusnya komputer. Coba taruh kepalamu dekat dengan speaker... kepalamu harus berada di tengah kedua speaker itu, kalo bisa arahkan speakermu ke telingamu. Oh iya, hati-hati dengan volume suara... so direkomendasikan mulai dari volume kecil dulu.

Trus..dengarkan musik yang biasa kamu dengarkan... coba fokus ke satu alat musik atau ke suara tertentu di sepanjang lagu...

Cari suara yang biasanya 'hilang' jika kita tidak berkonsentrasi.. menurutku ini sangat menyenangkan.. bagaikan menemukan harta karun (hartanya adalah : suara yang hilang) :)

Mungkin kamu menemukan suara piano di tengah kerasnya suara gitar ? suara penyanyi mengambil nafas ? suara tamborin di tengah kerasnya drum ? suara kendang di tengah drum ? biola di tengah gitar ?

Kalo menemukannya.. kasih tau yak... apa yang kamu temukan ? di lagu apa ?

Happy listening :)

5 comments:

  1. oh iyaaa, kadang2 emang aku juga suka gitu,, hehehe.. gara2 dulu waktu SMA pernah disuruh ama guru musik buat mengamati ada berapa suara dalam satu lagu,, hehe.. kok bisa sama ya kita? hehe

    oh maaf, sy Pia, nyasar ke sini dari last.fm (saya temennya Man-chan hehe) oh iyaa, aku baru bikin blogspot, mohon bantuannya ya hehe

    ReplyDelete
  2. @Pia:
    Wuih...
    Keren... ada gitu segala ya :)

    Aku g pernah ikutan les musik dan semacamnya, jadi suka mendengarkan detail, murni karena disit menemukan keindahal lagu/musik.

    Karena bisa mendengarkan elemen-elemen terkecil, yang kadang jarang kita perhatikan, yang membuat lagi menjadi harmonis dan indah :)

    Kalo lagi mendngarkan gini.. bisa sampai terharu lho... :D :D

    Kedengaran banget kalo pemainnya memainkan dengan senang (contoh : lagu2nya the Rippingtons ketika live di LA)

    ReplyDelete
  3. sayah biasanya dengerin liriknya, kadang serem2 juga ya.. kaya lagunya afgan yang sadis... hiii

    ReplyDelete
  4. bener2 maestro..!!! sampe memperhatikan detil..bner2 seniman dah.. :D

    ReplyDelete
  5. @ Ackmali@:
    Humm... kalo lirik, biasanya aku malah gak ngerti... bahkan banyak bgt lagu yang sering banget kudengerin, tp liriknya sama sekali gak apal :D :D kadang judul lagunya aja ga ngerti kalo ditanyain :D

    @Anonymous:
    Waduh... ini pasti Salahsatu dari temenku... curang pake anonymous, jd g bs tak bales T__T

    ReplyDelete