May 23, 2015

Penipuan berkedok Undangan Tahapan Tes Seleksi PT.Chevron Indonesia

Tadi siang, adik bungsu saya tiba-tiba mendapatkan sms yg isinya meminta adik saya untuk mengecek email terkait dengan undangan wawancara dari PT Chevron Indonesia.


Betapa kaget dan senangnya kami mendapatkan sms tersebut.
Selain karena sedang mencari pekerjaan, adik kami mendapatkan panggilan tes dari PT Chevron !! Ya, PT Chevron yg terkenal dengan gajinya itu ! ( Saya sendiri kepengin sekali kerja di Chevron hehe... )

Berikut ini adalah isi sms nya (pada screenshoot di bawah ini, nomor Pak Rizal Kurniawan sudah di save dan adik saya sudah mengirimkan sms konfirmasi -- awalnya kami kurang waspada karena terlalu excited) :


Sebenarnya dari nomor yg digunakan "Pak Rizal Chevron" ini sudah bisa dicurigai, bagaimana mungkin pejabat hrd PT sebesar Chevron menggunakan nomor AS ? No offense (istri saya sendiri menggunakan kartu AS) namun kartu AS biasanya dianggap di kelas low value nya Telkomsel. Perusahaan sebesar Chevron lebih mungkin menggunakan kartu pasca bayar seperti Halo (ini asumsi saya sendiri).

Kemudian setelah di cek emailnya, isinya seperti ini :



Isi email tersebut singkat hanya berisi atachment berbentuk file pdf, dan berikut screenshot pdf nya (tidak semua halaman) perhatikan yg saya beri kotak merah :

Nama adik saya ditulis dengan lengkap dan benar (kami tutupi dengan warna merah).


Di bagian yg kami blok dengan kotak merah ada beberapa nama peserta lain dengan nama yg kemungkinan nama orang sebenarnya ( apakah mereka juga calon korban ?)


Ditegaskan bahwa pelaksanaan seleksi tes PT Chevron Indonesia dilakukan di Balikpapan.
Mengapa dipilih Balikpapan ? Salah satu kemungkinan karena para calon korban tidak berdomisili di Balikpapan sehingga memuluskan rencana selanjutnya.


Agenda acara cukup meyakinkan. Diinformasikan juga pada hari ketiga hasil seleksi langsung diumumkan (secara psikologis, siapa sih yg ga suka dengan proses perekrutan yang cepat ? Ketika kembali ke rumah sudah tau hasilnya ).

Penjelasan tentang e-ticket ? Jelas ini untuk menghaluskan penipuan, agar korban lebih mudah terperdaya ketika menghubungi travel agent nanti.

Tentu calon korban lebih percaya jika di dokumen dari "PT Chevron (abal-abal)" sudah tertera lengkap detail tentang akomodasi ini.


Bagi orang awam rasanya cukup meyakinkan ya...
Saya juga sempat lengah, mungkin karena terlalu excited adik saya dipanggil chevron, saya sempat kurang waspada (saya sudah minta adik saya siap-siap, siap-siap packing, siap-siap beli kebutuhan yg kira-kira diperlukan dsb) juga membalas sms konfirmasi ke si "Bapak Chevron" itu.

Namun kemudian, untungnya kewaspadaan muncul lagi, saya minta adik saya untuk forward email nya. Dan Mulailah terlihatlah kejanggalan ... alamat email pengirimnya janggal.

Meski email nya cukup rapi, jika dilihat lebih teliti, email tersebut berasal dari domain .in (India).
Ngapain coba, PT Chevron Indonesia pake domain India ?

Dan  benar, ketika di cek web site nya isinya hanya website kosong (mereka belum sempat update halaman webnya ?) :



Kemudian, saya lanjutkan dengan memeriksa informasi domain whois nya :


Sekilas cukup meyakinkan... Menggunakan nama Registrant Organization:PT. Chevron Indonesia
Dan menggunakan alamat di pusat kota Jakarta.
Yang janggal adalah penggunaan alamat email gratisan yahoo.co (lihat bagian yg saya beri tanda panah merah).

Dari beberapa kejanggalan di atas (nomor sms, alamat email, domain yg aneh) saya menyimpulkan ini 90% penipuan.

Tentu sangat sedih dan ga karuan rasanya buat adik saya, dari yg awalnya merasa dipanggil ke Chevron dengan kandidat hanya beberapa orang, akomodasi ditanggung dst, dan kemudian mendapatkan informasi dari saya bahwa itu kemungkinan besar adalah penipuan.

Memang betul, saya sendiri baru 90% yakin itu penipuan ( mungkin karena masih ingin berharap ini nyata ), dan keyakinan akan 100% jika si travel agent ini menelpon ke Adik saya. Karena menurut saya tidak mungkin travel agent nya mengejar-ngejar kita.

Sayangnya sampai tulisan ini ditulis si travel agent tidak menghubungi adik saya lagi.

Awalnya saya mau coba telpon ke travel agent palsu ini, namun karena sedang tidak ada nomor lain yg aktif (jangan sampai nomor handphone utama kita tersebar di kalangan penipu, bisa jadi digunakan untuk yang macam-macam) akhirnya saya urungkan niat.

Dan saya katakan ke adik saya, kalo nanti ada telpon dari "travel agent" biar saya saja yg angkat, saya mau pura2 tertipu dan mencoba mencari informasi lebih lanjut.

Sampai di sini, sebenarnya belum ada kerugian finansial yg diderita adik saya (kecuali untuk sms konfirmasi ke Pak Rizal tsb).

Lalu modusnya bagaimana ? Penipuan semacam ini ujung-ujungnya pasti uang. Trus uangnya dari mana ?

Kemungkinan seperti ini, ketika menghubungi travel agent, maka si calon peserta akan diminta transfer uang ke mereka untuk pembelian tiket, hotel, antar jemput (akomodasi). Para calon korban yg sudah merasa mendapatkan "email resmi" bahwa biaya akomodasi akan diganti (reimbursh) mungkin akan dengan mudah mengeluarkan uang tersebut, toh nantinya di reimbursh ... (sebenarnya, kalo pun ga di reimbursh saya tetep mau bayar sendiri kok, asal keterima Chevron, hahaha -- curcol )


Pintarnya penipu ini, mereka menggunakan trik psikologis ...
1. Undangan seleksi dari PT Chevron (siapa yg ga mau kerja di sana ?).
2. Dijanjikan adanya reimbursh.
3. Deadline yg sempit, sms sekitar jam 10 pagi dan deadline konfirmasi (dan bayar) travel agent jam 17.00

Selain itu mereka juga menggunakan perhitungan waktu yang terstruktur, jika ada korban yg merasa tertipu melaporkan kejadian ke Polisi, rekening penipu kemungkinan tidak sempat terblokir karena tersebut adalah hari sabtu di mana Bank tidak beroperasi. Ketika senin minta blokir sudah diambil uangnya.

Semoga tidak ada ada yg terkena penipuan berkedok Undangan dari PT Chevron Indonesia ini.


Untuk website resmi PT Chevron Indonesia, kalo tidak salah http://www.chevronindonesia.com/

Perhatikan website menggunakan domain .com


Dan ternyata ada link di website tersebut tentang penipuan semacam ini :

http://www.chevronindonesia.com/careers/CareerRecruitingFraud.aspx

berikut kutipannya :


Pengumuman Waspada Penipuan Rekrutmen

Sehubungan dengan maraknya aksi penipuan rekrutmen calon pekerja Chevron, kami memberitahukan bahwa informasi dan pengumuman tahapan rekrutmen Chevron secara resmi dapat diperoleh melalui situs rekrutmen www.careers.chevronindonesia.com.

Kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan mewaspadai adanya modus penipuan dalam proses penerimaan calon pekerja yang mengatasnamakan Chevron.

Kami menyesalkan ketidaknyamanan yang terjadi dan berharap informasi berikut dapat berguna:
Chevron tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar atau menunjuk agen perjalanan manapun dalam proses seleksi Karyawan
Pelamar yang sedang menjalani proses seleksi dan lolos ke tahap berikutnya akan tetap dihubungi serta diundang secara resmi oleh Chevron melalui email dengan domain "@careers.chevronindonesia.com" atau "chevron.com" (contoh:admin@careers.chevronindonesia.com atau selectionadmin@chevron.com)


OK, setelah tau bahwa ini adalah penipuan, selanjutnya adalah menelusuri bagaimana si penipu bisa punya alamat email dan handphone adik saya ?
Karena pengetahuan akan hal tersebut bisa mencegah terulangnya menjadi target penipuan kembali.

Hasilnya, alamat email dan no hp adik saya didapatkan dari cv adik saya yg dikirimkan ke amail ke email hrd@chevronindonesia.in per awal Mei 2015. Alamat email ini didapat dari website lowongan kerja (adik saya kebetulan lupa alamatnya).

Hasil penelusuran saya di google dengan keyword alamat email hrd@chevronindonesia.in menemukan beberapa hit salah satunya menuju ke :
http://www.ranseloke.com/iklan/lowongan-kerja-pt-chevron-indonesia-2015-id8564

dan

http://for-indonesia.com/site/lowongan-kerja-pt-chevron-indonesia-1-kepala-produksi-ks-2-staff-administrasi-sa-3-sekretaris-skr-4-supervisior-sr-5-customer-service-cs-sumatra-riau-balikpapan-jawa-barat-jakar/

Tampaknya PT Chevron sering dijadikan target imingiming pencari kerja, lowongan lain yg saya yakin juga penipuan (karena menggunakan emain gmail ) :

http://lowongan.trovit.co.id/listing/loker-terbaru-bagian-staff-administrasi-pt-chevron-pacific-dumai-riau.1H1BCwF1EzP

http://lowongan.trovit.co.id/listing/loker-terbaru-bagian-staff-administrasi-pt-chevron-pacific-tapanuli-tengah.1l1d1KXd11RX#

Dan beberapa lagi, bisa dicari sendiri via google :)

So, lebih barhati-hatilah dalam mencari info lowongan kerja. Untuk perusahaan besar, biasanya lowongan di publish di website resminya. Ada beberapa website untuk pencari kerja yg memang cukup bonafide, Anda boleh drop CV di situ.

Pada akhirnya, tetaplah rasional ketika mendapatkan tawaran pekerjaan yg luar biasa, apalagi jika ada pengeluaran finansial di awal. Coba berhenti sejenak, kemudian cek dan ricek kembali.

Dan bagi yg pengin tau "sensasi" ditipu, mungkin bisa kirim email dengan cv fresh graduate ke alamat email tersebut. >:))


edited 24 Mei 2015 8.44 PM :
Luar biasa, ternyata sindikat penipuan sudah mengupload contoh surat palsu dari chevron namun diberi judul SURAT RESMI PT CHEVRON, dan di uploadnya pun di website yg dari namanya cenderung dipercaya : http://www.academia.edu/8959662/SURAT_RESMI_PT_CHEVRON_PACIFIC_PEKANBARU

Perlu saya tegaskan, surat di link tersebut di atas adalah PALSU yang digunakan oleh penipu.
Luar biasa ya, rapi sekali cara kerjanya.

76 comments:

  1. thanx alot mas bro infonya, hampir ane kena jebakan betmen... salam hormat

    ReplyDelete
  2. hampir aja ketipu.karena yg broadcast info loker ini mantan kepala cabang suatu bank melalui media bbm.thank you very much

    ReplyDelete
  3. Terimakasih kembali mas bro :)

    kalo berkenan membagi pengalaman hampir tertipunya boleh lho bro.. buat pelajaran jg buat yg lain :)

    tq :)

    ReplyDelete
  4. hampir ketipu. tp email pengirimnya beda. dan lampirannya sama persis :( mesti waspada.
    mksh info ny :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, senang bisa beguna :)

      Memang kudu lebih waspada :)

      Delete
    2. thanks mas,, hampir saja adik saya ketipu,,,,, barusan dapat email seperti itu...karna mencurigakan maka dari itu aku telusuri

      Delete
    3. thanks mas,, hampir saja adik saya ketipu,,,,, barusan dapat email seperti itu...karna mencurigakan maka dari itu aku telusuri

      Delete
  5. Thanks info.nya ya! Saya dpt e-mail dgn attachment surat undangan. Stlh baca (convincing, tp cukup membingungkan sbnrnya) untung msh sempat cek online just to make sure.. dan.. selamatlah saya haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, convincing. Apalagi yg manggil perusahaan sekelas chevron, kadang bikin agak gelap mata :D

      Untuk lebih yakin, sebaiknya cek ke website resmi chevron .. :)

      Delete
  6. saya udah tebeli tiket pesawat,
    tadi sore brangkatnyo, sebelum berangkat saya cba cek lagii, saya searching tentng PT Chevron Pasifik ternyata saya udah ketipu, masih untung saya blm brgkat, dpp hanya rugi tiket saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli tiket pesawat sendiri atau via agent tsb Pak ?

      semoga menjadi pelajaran buat kita semua :)

      Delete
  7. saya barusan dapat email yang isinya sama seperti diatas. saya curiga juga dan saya searching untung baca blog ini. lantas gimana ya cv dan scan ijasah saya yg udh terkirim dulu ya. ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. CV dan scan ijazah yg sudah terkirim mau ga mau ga bisa ditarik kembali. Bahkan karena formatnya file, akan sangat mudah untuk disebarkan kembali oleh penipu. Jadi harus lebih berhati-hati lagi ...

      Delete
  8. thanks s lot,, sangat bermanfaat, ibadah menolong orang yang membacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, jika ada pengalaman dengan hal semacam ini dan berkenan share, boleh di share si sini juga :)

      Delete
  9. Replies
    1. thanks sudah share di sini tadi :)

      *kok dihapus mbak? :)

      Delete
  10. Saya pagi ini baru saja mendapatkan email yang berisi informasi bahwasaya sudah lulus tes administrasi dan untuk tes selanjutnya diadakan di balikpapan. Dimana untuk kemudahan akomodasi disuruh konfirmasi ke saah satu agnet travel yang sudah ditunjuk oleh pihak chevron tsb. Setelah say lihat screenshot mbak mirip seklai dengan email yang saya terima. Untung saya mencari informasi dan melihat blog mbak :D makanya saya curiga kok saya bisa terpilih?pdhl saya yakin jika memang pihak chevron yang membuka lowongan tentunya yang dipilih yang memiliki kualifikasi jauh lebih baik dari saya (tahu diri) apakah penipu ini memang sulit untuk dilacak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sharingnya mbak Shanti :)

      tetap semangat ya :)

      Delete
  11. saya baru saja dapat yang beginian sama persis, untung punya rekan-rekan yang sigap . jadi yakin kalo ini penipuan . apalagi artikel agan smakin menguatkan. thanks gan infonya .. saya bisa merasakan kok sensasi kena tipu :D

    ReplyDelete
  12. Hari ini saya mendapat pesan lewat sms yg mengatasanamakn PT.Chevron dan meminta konfirmasi kehadiran smpai pukul 5 sore dan mengecek serta mempelajari email yg sudah masuk dan sayang sekali ketika saya buka email tdk ada email yg masuk dr Chevron hrd@careerchevron.com itu email yg sempat saya kirimin lamaran kerja. Tapi untuk email saya blm cek krna mmg tidak ada. Saya binggung jadinya mesti saya konfirmasi lwt sms lagi apa tidak. Thanks infonya

    ReplyDelete
  13. Hari ini saya mendapat pesan lewat sms yg mengatasanamakn PT.Chevron dan meminta konfirmasi kehadiran smpai pukul 5 sore dan mengecek serta mempelajari email yg sudah masuk dan sayang sekali ketika saya buka email tdk ada email yg masuk dr Chevron hrd@careerchevron.com itu email yg sempat saya kirimin lamaran kerja. Tapi untuk email saya blm cek krna mmg tidak ada. Saya binggung jadinya mesti saya konfirmasi lwt sms lagi apa tidak. Thanks infonya

    ReplyDelete
  14. saya juga mendapat email panggilan dari PT Chevron dengan format dan bentuk yg sama persis dengan apa yg mas postingkan, namun saya mendapat undangan ini dari email selectionadmin@chevron.com dimana itu disebutkan mas bahwa itu adalah email resmi dari PT Chevron.. saya jadi bingung apa dari penipunya sudah mengupdate modus mereka dalam menipu sehingga bisa mengirim email dari alamat tersebut ataukah ini memang resmi dari PT Chevronnya sendiri
    mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sudah mampir, coba mas check di bagian pengirim, cek secarara detailnya. reply-to nya ke siapa.

      Kadang memang bisa bikin email menggunakan atas nama alamat email lain, menggunakan mail server yg di open untuk itu.

      Delete
    2. saya juga sama mas dapet email dari selectionadmin@chevron.com setelah saya cek pihak travel nya selalu menghubungi untuk di transfer. Tapi kenapa website pt. chevron nya itu seperti asli ya?

      Delete
    3. humm, coba cek and ricek aja Mas...
      coba cek emailnya, cek bagian reply to dan detil lainnya... karena email pengirim bisa "dibuat" seolah-olah dari tempat lain :)

      tapi kalo ada transfer2an dari travel agent, kemungkinan besar sih penipuan...

      Delete
    4. saya dari pihak travel langsung sudah di hubingi via telepon,,,, tapi suara yang nelepon ga mananyakan apa2 dulu,, justru dia langsung menyuruh memesan tiket hari ini juga,,,,

      Delete
  15. saya juga dapat email tadi pagi tanggal 13/02/2016 dengan format yang menunjuk ke satu travel lokal untung saya baca baca sebelum semuanya terlambat makasih infonya ....@ahmad zubair sama seperti saya menjadi korban.. sms menggunakan no simpati ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak @Vera. Btw, nomor yg digunakan kemungkinan akan berbeda-beda, kita tau sendiri dengan Rp 2500 bisa dapat kartu perdana, jadi... nomor yg digunakan pelaku sangat mungkin berbeda-beda.

      Delete
  16. 08222263175 saya dapet sms dari no ini untuk konfirmasi ..... apakah sama @akhmad zubair

    ReplyDelete
  17. saya juga di sms mba , tapi bilangnya langsung ke agen travel media pelangi tour & travel
    pas saya telp mau konfirmasi pun kaya ga yakin juga abis suaranya agak samar2
    dan saya coba telp pihak agennya harus membayar 4.219.000 biaya yang cukup fantastis makanya saya cek2 dan kirim email ke chevron langsung .. ragu sih tapi yg kirim email itu pake @selectionadmin@yahoo.com soalnya itu ada di lampiran chevron yg asli , mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  18. saya jg kemaren dapet email dan sms dari selectionadmin@chevron.com nomernya jg sama spt yg mbak vera share 085222263175 nama tour travelnya jg media pelangi. Tp setelah sy buka situs travelnya ga ada menu untuk reservasi apa yg ada di laman itu ga ada yg bs di klik. cuna ada keterangan webnya lg eror dan ada nomer kontaknya yg sama spt dilampiran email. sempat terkecoh krn alamat pengirim email ada di situs resmi chevron jg. btw mas cara cek domain itu gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya nomor yg digunakan ini kebetulan sama dengan yg digunakan untuk sms ke mbak Vera ya...

      Delete
  19. terima kasih infonya gan hampir saya ketipu

    ReplyDelete
  20. Allhamdulilah info nya luar biasa kawan.....saya sama persis cuma analisa saya lewat jadwal penerbangan dan kode penerbangan nya sudah berbeda dari situs maskapai nya.akhir nya ketemu share pengalaman ini.luaar biasa thax.

    ReplyDelete
    Replies
    1. PT.Bening Big Tree Farms recruitment@bigtreefarms.co.id hati² apabila ada email dr alamat tersebut.sekedar info saja domain PT tersebut menggunakan domain .com bukan .co.id

      Delete
    2. Sama-sama.... thanks juga sharingnya. Dan akhir-akhir ini kabarnya ada juga penipuan yg mengatasnamakan dari PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). So.. berhati2 lah, biasanya untuk perusahaan besar, tidak meminta biaya apapun untuk seleksi.

      Delete
  21. Saya tepat sekali hari ini ketipu. Sama percis seperti itu, hanya mereka krimnya dari "PT Bening Big Tree Farms" yg ada di Bali. Alamat emailnya: recruitment@bigtreefarms.co.id
    Saya ketipu sekitar Rp 3.400.000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut berduka, semoga bisa menjadi pelajaran buat kita semua, dan uangnya diganti yg lbh banyak...

      thanks infonya mbak :)

      Delete
  22. Saya barusan dapat yang seperti ini persis gan.. makasih infonya.. ini membuat saya semakin yakin kalo memang panggilan test dari Chevron ini memang penipuan. Habisnya mencurigakan sih...

    ReplyDelete
  23. Saya hari ini dapat undangan test kerja hari kamis dari PT. Honda Lock Indonesia. Tempat seleksinya tetapi tidak di Lokasi PT nya di Cikarang, melainkan di Jakarta Timur. Awalnya saya optimis dengan lowongan ini, tapi setelah saya teliti dengan lowongan di PT lain, ternyata nomor staff penyeleksinya sama seperti yang di PT Honda.
    apakah ini penipuan?
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  24. Thanks a lot infonya....
    😂😀

    ReplyDelete
  25. Saya baru dapt email dr pt chevron ak cek email ny di menggunkan email pt_chevron@engineer.com
    Kira it email asli dr pt chevron ap tidak ya?

    ReplyDelete
  26. Saya baru dapt email dr pt chevron ak cek email ny di menggunkan email pt_chevron@engineer.com
    Kira it email asli dr pt chevron ap tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikutip dari website resmi pt chevron :

      Pelamar yang sedang menjalani proses seleksi dan lolos ke tahap berikutnya akan tetap dihubungi serta diundang secara resmi oleh Chevron melalui email dengan domain "@careers.chevronindonesia.com" atau "chevron.com" (contoh:admin@careers.chevronindonesia.com atau selectionadmin@chevron.com

      Delete
    2. Kejadian yg sama persis terjadi di saya beberapa jam lalu saya langsung kabarin org tua tapi saya jd bingung Itu dikutip dari website resmi pt. Chevron berarti itu juga penipuan kan yaa? Saya di email memakai email selectionadmin@chevron.com

      Delete
    3. Kejadian yg sama persis terjadi di saya beberapa jam lalu saya langsung kabarin org tua tapi saya jd bingung Itu dikutip dari website resmi pt. Chevron berarti itu juga penipuan kan yaa? Saya di email memakai email selectionadmin@chevron.com

      Delete
    4. mbak Sartika, coba cek ke link ini : http://www.chevronindonesia.com/careers/CareerRecruitingFraud.aspx untuk pengumuman resminya...

      Delete
    5. Iyah mas coba diselidiki pak kok bisa emailnya sesuai yaitu from Selectionadmin@chevron.com saya mau cari kesalahan itu tapi kok gak ketemu ya tetep dari email tersebut

      Delete
  27. Hampir ketipu,,udh girang dluan,tdi nya...mksh bnyak bro

    ReplyDelete
  28. Hampir ketipu,,udh girang dluan,tdi nya...mksh bnyak bro

    ReplyDelete
  29. Thank alot brother inponya..
    baru aja saya girang bgt telpon Bapak Chevron "modus" ,smpet excited bgt,untung segera browsing kebenaranya, dan baca inpo ini..
    syukur Alhamdulilah dah Gagal ketipu,and Gagal Nipu tuh Bapak Chevron "modus"
    makasih bro.. #SalamHormat

    ReplyDelete
  30. Sama-sama bro.. alhamdulillah gak jadi ketipu :)

    ReplyDelete
  31. Thanks infonya, baru aja saya dapat email serupa.. dan ketika lg asik2nya baca artikel ini yg menyebutkan dpt sms konfirmasi panggilan dikirim via email, pelaku mengirim smsnya ke saya. Spt adegan reka ulang.hahaha..

    ReplyDelete
  32. Thanks infonya, baru aja saya dapat email serupa.. dan ketika lg asik2nya baca artikel ini yg menyebutkan dpt sms konfirmasi panggilan dikirim via email, pelaku mengirim smsnya ke saya. Spt adegan reka ulang.hahaha..

    ReplyDelete
  33. thanks infonya, sangat membantu
    barusan saya juga dapat email dari selectionadmin@chevron.com sama seperti Annisa Sartika, isinya sangat mirip alamatnya tapi berbeda sekarang di riau untuk jadwal kegiatan sama dr tgl 25-27 juni.. Entah itu benar atau tidak tapi karena tesnya saja diluar jawa saya jadi tidak berminat untuk hadir.
    di email yang saya terima juga pt chevron menunjuk salah satu agen travel yang katanya sudah bekerja sama untuk efisiensi dan efektivitas perjalanan dan katanya nanti akomodasi diganti di hari pertama..padahal jelas jelas chevron tidak pernah menunjuk agen perjalanan manapun. kurang lebih isinya seperti itu

    ReplyDelete
  34. hampir saja suami saya ketipu. Alhamdulillah masih dilindungi Allah SWT. sy curiga awalnya karna ada tulisan yg typo di suratnya. aneh kan surat resmi kok salah tulis. akhirnya sy browsing dan bner2 penipuan. makasi infonya ya mba

    ReplyDelete
  35. hampir sama keluarga saya dapet surat dari chevron cuman pengirimnya sama persis kayak di keterangan chevron yaitu selectionadmin@chevron.com

    cuman dia nunjuk agen travel "media pelangi tour & travel" itu fix jebakan betmen kan?cmn salut aja ko bsa punya alamat email dengan domain yg sama persis

    ReplyDelete
  36. file:///C:/Users/CSO/Downloads/REKRUTMEN%20CHEVRON%20INDONESIA%20BALIKPAPAN.pdf

    ReplyDelete
  37. Hampir... SUmpah awalny yakin bnget... di telusurin eh malah abal abal...
    makasih gan... hampir aja beli tiket...

    ReplyDelete
  38. hrd.ptchevron@dr.com nih min saya baru aja dapet email dari sini betul tidak sih ?

    ReplyDelete
  39. Terima Kasih Brader, ini saya hari ini baru saja ada sms & email penipuan nih. Hhe.. yang saya pikirkan sekarang tuh bagaimana cara menghentikan mereka supaya bisa dijebloskan ke penjara dan diangkat kasusnya ke media televisi

    ReplyDelete
  40. thanks, bro. untung gk kena tipu nie hehe

    ReplyDelete
  41. ane baru aja tadi pagi di email begitu bro hahaha
    kerja aja buat nyari duit eh disuruh beli tiket
    jangkring nih orang haha

    ReplyDelete
  42. makasih sekali untuk infonya hhehehe baru saya mau bayar eh tapi saya masih janggal dengan kenapa harus transfer ke rekening yang gak jelas..

    ReplyDelete