May 23, 2015

Penipuan berkedok Undangan Tahapan Tes Seleksi PT.Chevron Indonesia

Tadi siang, adik bungsu saya tiba-tiba mendapatkan sms yg isinya meminta adik saya untuk mengecek email terkait dengan undangan wawancara dari PT Chevron Indonesia.


Betapa kaget dan senangnya kami mendapatkan sms tersebut.
Selain karena sedang mencari pekerjaan, adik kami mendapatkan panggilan tes dari PT Chevron !! Ya, PT Chevron yg sudah terkenal dengan gaji yg tinggi itu ! ( Saya sendiri ingin sekali kerja di Chevron hehe... )

Berikut ini adalah isi sms nya (pada screenshoot di bawah ini, nomor Pak Rizal Kurniawan sudah di save dan adik saya sudah mengirimkan sms konfirmasi -- awalnya kami kurang waspada karena terlalu excited) :


Sebenarnya dari nomor yg digunakan "Pak Rizal Chevron" ini sudah bisa dicurigai, bagaimana mungkin pejabat hrd PT sebesar Chevron menggunakan nomor telkomsel AS ? No offense (istri saya sendiri menggunakan kartu AS) namun kartu AS biasanya dianggap di kelas low value nya Telkomsel. Perusahaan sebesar Chevron lebih mungkin menggunakan kartu pasca bayar seperti Halo (ini asumsi saya sendiri).

Dari kecurigaan tersebut, kemudian saya meminta adik saya forward emailnya dan setelah di cek emailnya, isinya seperti ini :



Isi email tersebut singkat hanya berisi atachment berbentuk file pdf, dan berikut screenshot pdf nya (tidak semua halaman saya post di sini, hanya bagian yg penting) perhatikan yg saya beri kotak merah :

Nama adik saya ditulis dengan lengkap dan benar (kami tutupi dengan warna merah).

Di bagian yg kami blok dengan kotak merah ada nama-nama peserta lain yg kemungkinan juga calon korban. Dapat dilihat bahwa peserta yg "lolos seleksi" hanya berjumlah belasan.





Perhatikan cara mereka menggiring pikiran kita dari poin nomor 1 tentang SOP rekruitasi, dijelaskan juga di situ bahwa mereka bisa mengadakan rekruitasi kapan saja (untuk menangkal informasi bahwa saat ini Chevron sedang tidak ada rekruitasi).

Kemudian di poin nomor 2, menggunakan kata panjang lebar (yg jika diperhatikan sebenarnya kata-kata yg dipilih kurang resmi). Di halaman ini mereka tegaskan lagi bahwa pelaksanaan seleksi tes PT Chevron Indonesia dilakukan di Balikpapan (kalimat tersebut di bold). 

Mengapa dipilih Balikpapan ? Salah satu kemungkinan karena para calon korban tidak berdomisili di Balikpapan sehingga memuluskan rencana selanjutnya untuk menggiring korban memesan tiket. Karena jika diadakan di kota yg dekat dengan domisili korban, kemungkinan tiket dan akomodasi tidak perlu mahal-mahal.


Agenda acara cukup meyakinkan (meskipun struktur kalimatnya jika diperhatikan masih kurang formal). Diinformasikan juga bahwa pada hari ketiga hasil seleksi langsung diumumkan (secara psikologis, siapa sih yg ga suka dengan proses perekrutan yang cepat dan langsung tau hasilnya )..
Di acara terakhir juga disebutkan adanya pengembalian ruang transport.

Penjelasan tentang e-ticket ? Jelas ini untuk menghaluskan penipuan, agar korban lebih mudah terperdaya ketika menghubungi travel agent nanti.

Tentu calon korban lebih percaya jika di dokumen dari "PT Chevron (abal-abal)" sudah tertera lengkap detail tentang akomodasi ini.


Bagi orang awam rasanya cukup meyakinkan ya...
Saya juga sempat lengah, mungkin karena terlalu excited adik saya dipanggil chevron, saya sempat kurang waspada (saya sudah minta adik saya siap-siap, siap-siap packing, siap-siap beli kebutuhan yg kira-kira diperlukan dsb) juga membalas sms konfirmasi ke si "Bapak Chevron" itu.

Namun kemudian, untungnya kewaspadaan muncul lagi, saya minta adik saya untuk forward email nya. Dan Mulailah terlihatlah kejanggalan ... alamat email pengirimnya janggal.

Meski email nya cukup rapi, jika dilihat lebih teliti, email tersebut berasal dari domain .in (India).
Ngapain coba, PT Chevron Indonesia pake domain India ?

Dan  benar, ketika di cek web site nya isinya hanya website kosong (mereka belum sempat update halaman webnya ?) :



Kemudian, saya lanjutkan dengan memeriksa informasi domain whois nya :


Sekilas cukup meyakinkan... Menggunakan nama Registrant Organization:PT. Chevron Indonesia
Dan menggunakan alamat di pusat kota Jakarta.
Yang janggal adalah penggunaan alamat email gratisan yahoo.co (lihat bagian yg saya beri tanda panah merah).

Dari beberapa kejanggalan di atas (nomor sms, alamat email, domain yg aneh) saya menyimpulkan ini 90% penipuan.

Tentu sangat sedih dan ga karuan rasanya buat adik saya, dari yg awalnya merasa dipanggil ke Chevron dengan kandidat hanya beberapa orang, akomodasi ditanggung dst, dan kemudian mendapatkan informasi dari saya bahwa itu kemungkinan besar adalah penipuan.

Memang betul, saya sendiri belum 100% yakin itu penipuan (mungkin sekitar 90% yakin itu penipuan karena jujur saja masih  ingin berharap ini bukan penipuan ), dan keyakinan akan 100% jika si travel agent ini menelpon ke Adik saya untuk mengurus tiket. Karena menurut saya tidak mungkin travel agent nya menghubungi kita untuk meminta kita membeli tiket.

Sayangnya sampai tulisan ini ditulis si travel agent tidak menghubungi adik saya lagi.

Awalnya saya mau coba telpon ke travel agent palsu ini, namun karena sedang tidak ada nomor lain yg aktif (jangan sampai nomor handphone utama kita tersebar di kalangan penipu, bisa jadi digunakan untuk yang macam-macam) akhirnya saya urungkan niat.

Dan saya katakan ke adik saya, kalo nanti ada telpon dari "travel agent" biar saya saja yg angkat, saya mau pura2 tertipu dan mencoba mencari informasi lebih lanjut.


Kelanjutannya bagaimana ? Kebetulan saya memiliki teman yg memang bekerja di Chevron (yg ini beneran) dan bertanya ke dia mengenai rekruitasi, juga kemudian ke website Chevron dan akhirnya yakin email yg diterima adik saya 100% penipuan.

Sampai di sini, sebenarnya belum ada kerugian finansial yg diderita adik saya (kecuali untuk sms konfirmasi ke Pak Rizal tsb).

Lalu modusnya bagaimana ? Penipuan semacam ini ujung-ujungnya pasti uang. Trus uangnya dari mana ?

Kemungkinan seperti ini, ketika menghubungi travel agent, maka si calon peserta akan diminta transfer uang ke mereka untuk pembelian tiket, hotel, antar jemput (akomodasi). Para calon korban yg sudah merasa mendapatkan "email resmi" bahwa biaya akomodasi akan diganti (reimbursh) mungkin akan dengan mudah mengeluarkan uang tersebut, toh nantinya di reimbursh ... (sebenarnya, kalo pun ga di reimbursh saya tetep mau bayar sendiri kok, asal keterima Chevron, hahaha -- curcol )


Pintarnya penipu ini, mereka menggunakan trik psikologis ...
1. Undangan seleksi dari PT Chevron (siapa yg ga mau kerja di sana ? denger nama besarnya saja sudah ngiler ama gajinya).
2. Dijanjikan adanya reimbursh / penggantian uang akomodasi.
3. Deadline yg sempit, sms sekitar jam 10 pagi dan deadline konfirmasi (dan bayar) travel agent jam 17.00 hari itu juga.

Selain itu mereka juga menggunakan perhitungan waktu yang terstruktur, jika ada korban yg merasa tertipu melaporkan kejadian ke Polisi, rekening penipu kemungkinan tidak sempat terblokir karena tersebut adalah hari sabtu di mana Bank tidak beroperasi. Ketika senin minta blokir sudah diambil uangnya.

Semoga tidak ada ada yg terkena penipuan berkedok Undangan dari PT Chevron Indonesia ini.


Untuk website resmi PT Chevron Indonesia http://www.chevronindonesia.com/

Perhatikan website menggunakan domain .com


Dan ternyata ada link di website tersebut tentang penipuan semacam ini :

http://www.chevronindonesia.com/careers/CareerRecruitingFraud.aspx

berikut kutipannya :


Pengumuman Waspada Penipuan Rekrutmen

Sehubungan dengan maraknya aksi penipuan rekrutmen calon pekerja Chevron, kami memberitahukan bahwa informasi dan pengumuman tahapan rekrutmen Chevron secara resmi dapat diperoleh melalui situs rekrutmen www.careers.chevronindonesia.com.

Kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan mewaspadai adanya modus penipuan dalam proses penerimaan calon pekerja yang mengatasnamakan Chevron.

Kami menyesalkan ketidaknyamanan yang terjadi dan berharap informasi berikut dapat berguna:
Chevron tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar atau menunjuk agen perjalanan manapun dalam proses seleksi Karyawan
Pelamar yang sedang menjalani proses seleksi dan lolos ke tahap berikutnya akan tetap dihubungi serta diundang secara resmi oleh Chevron melalui email dengan domain "@careers.chevronindonesia.com" atau "chevron.com" (contoh:admin@careers.chevronindonesia.com atau selectionadmin@chevron.com)


OK, setelah tau bahwa ini adalah penipuan, selanjutnya adalah menelusuri bagaimana si penipu bisa punya alamat email dan handphone adik saya ?
Karena pengetahuan akan hal tersebut bisa mencegah terulangnya menjadi target penipuan kembali.

Hasilnya, alamat email dan no hp adik saya didapatkan dari cv adik saya yg dikirimkan ke amail ke email hrd@chevronindonesia.in per awal Mei 2015. Alamat email ini didapat dari website lowongan kerja (adik saya kebetulan lupa alamatnya).

Hasil penelusuran saya di google dengan keyword alamat email hrd@chevronindonesia.in menemukan beberapa hit salah satunya menuju ke :
http://www.ranseloke.com/iklan/lowongan-kerja-pt-chevron-indonesia-2015-id8564

dan

http://for-indonesia.com/site/lowongan-kerja-pt-chevron-indonesia-1-kepala-produksi-ks-2-staff-administrasi-sa-3-sekretaris-skr-4-supervisior-sr-5-customer-service-cs-sumatra-riau-balikpapan-jawa-barat-jakar/

Tampaknya PT Chevron sering dijadikan target imingiming pencari kerja, lowongan lain yg saya yakin juga penipuan (karena menggunakan emain gmail ) :

http://lowongan.trovit.co.id/listing/loker-terbaru-bagian-staff-administrasi-pt-chevron-pacific-dumai-riau.1H1BCwF1EzP

http://lowongan.trovit.co.id/listing/loker-terbaru-bagian-staff-administrasi-pt-chevron-pacific-tapanuli-tengah.1l1d1KXd11RX#

Dan beberapa lagi, bisa dicari sendiri via google :)

So, lebih barhati-hatilah dalam mencari info lowongan kerja. Untuk perusahaan besar, biasanya lowongan di publish di website resminya. Ada beberapa website untuk pencari kerja yg memang cukup bonafide, Anda boleh drop CV di situ.

Pada akhirnya, tetaplah rasional ketika mendapatkan tawaran pekerjaan yg luar biasa, apalagi jika membutuhkan pengeluaran finansial di awal. Coba berhenti sejenak, tarik nafas, kemudian cek dan ricek kembali. Bisa searching ke google maupun tanya-tanya ke orang / teman.

Dan bagi yg pengin tau "sensasi" ditipu, mungkin bisa kirim email dengan cv fresh graduate ke alamat email tersebut. >:))


edited 24 Mei 2015 8.44 PM :
Luar biasa, ternyata sindikat penipuan sudah mengupload contoh surat palsu dari chevron namun diberi judul SURAT RESMI PT CHEVRON, dan di uploadnya pun di website yg dari namanya cenderung dipercaya : http://www.academia.edu/8959662/SURAT_RESMI_PT_CHEVRON_PACIFIC_PEKANBARU

Perlu saya tegaskan, surat di link tersebut di atas adalah PALSU yang digunakan oleh penipu.
Luar biasa ya, rapi sekali cara kerjanya.

189 comments:

  1. thanx alot mas bro infonya, hampir ane kena jebakan betmen... salam hormat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama bro.. tetap waspada bro :)

      Delete
    2. saya juga pernah hampir jadi korban brooo....hehehe

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Hari ini saya hampir kena tipu,saking seneng nya dpt panggilan tes di riau,ud forward SMS untuk hadir,, alhmdulillah ga jd kena tipu,,tx ya info nya,,tp sedih jg si,,berharap beneran,hikz 😭😭😭

      Delete
    5. Hari ini saya hampir kena tipu,saking seneng nya dpt panggilan tes di riau,ud forward SMS untuk hadir,, alhmdulillah ga jd kena tipu,,tx ya info nya,,tp sedih jg si,,berharap beneran,hikz 😭😭😭

      Delete
    6. hampir sajooo, isinya kurang lebih kayak yg dishared di atas
      parah!
      makasih infonya bosku

      Delete
    7. Saya baru aja dapat email dari pt chevron dan fix penipuan setelah baca baca blog dan travel agentnya. Terimakasih banyak dan hatihati ya buat temen temen yang lain

      Delete
    8. sama persis modus nya dengan rekruitment PLN>>>>sama skema nya harus pesan tiket ke agen travel

      Delete
  2. hampir aja ketipu.karena yg broadcast info loker ini mantan kepala cabang suatu bank melalui media bbm.thank you very much

    ReplyDelete
  3. Terimakasih kembali mas bro :)

    kalo berkenan membagi pengalaman hampir tertipunya boleh lho bro.. buat pelajaran jg buat yg lain :)

    tq :)

    ReplyDelete
  4. hampir ketipu. tp email pengirimnya beda. dan lampirannya sama persis :( mesti waspada.
    mksh info ny :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, senang bisa beguna :)

      Memang kudu lebih waspada :)

      Delete
    2. thanks mas,, hampir saja adik saya ketipu,,,,, barusan dapat email seperti itu...karna mencurigakan maka dari itu aku telusuri

      Delete
    3. thanks mas,, hampir saja adik saya ketipu,,,,, barusan dapat email seperti itu...karna mencurigakan maka dari itu aku telusuri

      Delete
  5. Thanks info.nya ya! Saya dpt e-mail dgn attachment surat undangan. Stlh baca (convincing, tp cukup membingungkan sbnrnya) untung msh sempat cek online just to make sure.. dan.. selamatlah saya haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, convincing. Apalagi yg manggil perusahaan sekelas chevron, kadang bikin agak gelap mata :D

      Untuk lebih yakin, sebaiknya cek ke website resmi chevron .. :)

      Delete
  6. saya udah tebeli tiket pesawat,
    tadi sore brangkatnyo, sebelum berangkat saya cba cek lagii, saya searching tentng PT Chevron Pasifik ternyata saya udah ketipu, masih untung saya blm brgkat, dpp hanya rugi tiket saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli tiket pesawat sendiri atau via agent tsb Pak ?

      semoga menjadi pelajaran buat kita semua :)

      Delete
  7. saya barusan dapat email yang isinya sama seperti diatas. saya curiga juga dan saya searching untung baca blog ini. lantas gimana ya cv dan scan ijasah saya yg udh terkirim dulu ya. ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. CV dan scan ijazah yg sudah terkirim mau ga mau ga bisa ditarik kembali. Bahkan karena formatnya file, akan sangat mudah untuk disebarkan kembali oleh penipu. Jadi harus lebih berhati-hati lagi ...

      Delete
  8. thanks s lot,, sangat bermanfaat, ibadah menolong orang yang membacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, jika ada pengalaman dengan hal semacam ini dan berkenan share, boleh di share si sini juga :)

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks sudah share di sini tadi :)

      *kok dihapus mbak? :)

      Delete
  10. Saya pagi ini baru saja mendapatkan email yang berisi informasi bahwasaya sudah lulus tes administrasi dan untuk tes selanjutnya diadakan di balikpapan. Dimana untuk kemudahan akomodasi disuruh konfirmasi ke saah satu agnet travel yang sudah ditunjuk oleh pihak chevron tsb. Setelah say lihat screenshot mbak mirip seklai dengan email yang saya terima. Untung saya mencari informasi dan melihat blog mbak :D makanya saya curiga kok saya bisa terpilih?pdhl saya yakin jika memang pihak chevron yang membuka lowongan tentunya yang dipilih yang memiliki kualifikasi jauh lebih baik dari saya (tahu diri) apakah penipu ini memang sulit untuk dilacak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sharingnya mbak Shanti :)

      tetap semangat ya :)

      Delete
  11. saya baru saja dapat yang beginian sama persis, untung punya rekan-rekan yang sigap . jadi yakin kalo ini penipuan . apalagi artikel agan smakin menguatkan. thanks gan infonya .. saya bisa merasakan kok sensasi kena tipu :D

    ReplyDelete
  12. Hari ini saya mendapat pesan lewat sms yg mengatasanamakn PT.Chevron dan meminta konfirmasi kehadiran smpai pukul 5 sore dan mengecek serta mempelajari email yg sudah masuk dan sayang sekali ketika saya buka email tdk ada email yg masuk dr Chevron hrd@careerchevron.com itu email yg sempat saya kirimin lamaran kerja. Tapi untuk email saya blm cek krna mmg tidak ada. Saya binggung jadinya mesti saya konfirmasi lwt sms lagi apa tidak. Thanks infonya

    ReplyDelete
  13. Hari ini saya mendapat pesan lewat sms yg mengatasanamakn PT.Chevron dan meminta konfirmasi kehadiran smpai pukul 5 sore dan mengecek serta mempelajari email yg sudah masuk dan sayang sekali ketika saya buka email tdk ada email yg masuk dr Chevron hrd@careerchevron.com itu email yg sempat saya kirimin lamaran kerja. Tapi untuk email saya blm cek krna mmg tidak ada. Saya binggung jadinya mesti saya konfirmasi lwt sms lagi apa tidak. Thanks infonya

    ReplyDelete
  14. saya juga mendapat email panggilan dari PT Chevron dengan format dan bentuk yg sama persis dengan apa yg mas postingkan, namun saya mendapat undangan ini dari email selectionadmin@chevron.com dimana itu disebutkan mas bahwa itu adalah email resmi dari PT Chevron.. saya jadi bingung apa dari penipunya sudah mengupdate modus mereka dalam menipu sehingga bisa mengirim email dari alamat tersebut ataukah ini memang resmi dari PT Chevronnya sendiri
    mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sudah mampir, coba mas check di bagian pengirim, cek secarara detailnya. reply-to nya ke siapa.

      Kadang memang bisa bikin email menggunakan atas nama alamat email lain, menggunakan mail server yg di open untuk itu.

      Delete
    2. saya juga sama mas dapet email dari selectionadmin@chevron.com setelah saya cek pihak travel nya selalu menghubungi untuk di transfer. Tapi kenapa website pt. chevron nya itu seperti asli ya?

      Delete
    3. humm, coba cek and ricek aja Mas...
      coba cek emailnya, cek bagian reply to dan detil lainnya... karena email pengirim bisa "dibuat" seolah-olah dari tempat lain :)

      tapi kalo ada transfer2an dari travel agent, kemungkinan besar sih penipuan...

      Delete
    4. saya dari pihak travel langsung sudah di hubingi via telepon,,,, tapi suara yang nelepon ga mananyakan apa2 dulu,, justru dia langsung menyuruh memesan tiket hari ini juga,,,,

      Delete
  15. saya juga dapat email tadi pagi tanggal 13/02/2016 dengan format yang menunjuk ke satu travel lokal untung saya baca baca sebelum semuanya terlambat makasih infonya ....@ahmad zubair sama seperti saya menjadi korban.. sms menggunakan no simpati ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak @Vera. Btw, nomor yg digunakan kemungkinan akan berbeda-beda, kita tau sendiri dengan Rp 2500 bisa dapat kartu perdana, jadi... nomor yg digunakan pelaku sangat mungkin berbeda-beda.

      Delete
    2. Kalau saya nomornya 085241568868. Sama juga kak disuruh untuk menghubungi Trevel agen nama Trevelnya "buana tour &travel" tapi untuk alamat email nya ini kak selectionadmin@karirchevron.com sama seperti yg kakak tulis kalau dpt email dari ini kemungkinan kata kakak kan betul. Tapi saya curiganya itu kok interview hari Sabtu sedangkan kalau PT besar Sabtu minggu Psti libur, dan kok bekerja sama dgn agen tour. Saya curiga. Akhirnya saya cari lewat blog dulu ternyata Nemu ini. Terimakasih kakkkk sangat membantu

      Delete
  16. 08222263175 saya dapet sms dari no ini untuk konfirmasi ..... apakah sama @akhmad zubair

    ReplyDelete
  17. saya juga di sms mba , tapi bilangnya langsung ke agen travel media pelangi tour & travel
    pas saya telp mau konfirmasi pun kaya ga yakin juga abis suaranya agak samar2
    dan saya coba telp pihak agennya harus membayar 4.219.000 biaya yang cukup fantastis makanya saya cek2 dan kirim email ke chevron langsung .. ragu sih tapi yg kirim email itu pake @selectionadmin@yahoo.com soalnya itu ada di lampiran chevron yg asli , mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  18. saya jg kemaren dapet email dan sms dari selectionadmin@chevron.com nomernya jg sama spt yg mbak vera share 085222263175 nama tour travelnya jg media pelangi. Tp setelah sy buka situs travelnya ga ada menu untuk reservasi apa yg ada di laman itu ga ada yg bs di klik. cuna ada keterangan webnya lg eror dan ada nomer kontaknya yg sama spt dilampiran email. sempat terkecoh krn alamat pengirim email ada di situs resmi chevron jg. btw mas cara cek domain itu gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya nomor yg digunakan ini kebetulan sama dengan yg digunakan untuk sms ke mbak Vera ya...

      Delete
  19. terima kasih infonya gan hampir saya ketipu

    ReplyDelete
  20. Allhamdulilah info nya luar biasa kawan.....saya sama persis cuma analisa saya lewat jadwal penerbangan dan kode penerbangan nya sudah berbeda dari situs maskapai nya.akhir nya ketemu share pengalaman ini.luaar biasa thax.

    ReplyDelete
    Replies
    1. PT.Bening Big Tree Farms recruitment@bigtreefarms.co.id hati² apabila ada email dr alamat tersebut.sekedar info saja domain PT tersebut menggunakan domain .com bukan .co.id

      Delete
    2. Sama-sama.... thanks juga sharingnya. Dan akhir-akhir ini kabarnya ada juga penipuan yg mengatasnamakan dari PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). So.. berhati2 lah, biasanya untuk perusahaan besar, tidak meminta biaya apapun untuk seleksi.

      Delete
  21. Saya tepat sekali hari ini ketipu. Sama percis seperti itu, hanya mereka krimnya dari "PT Bening Big Tree Farms" yg ada di Bali. Alamat emailnya: recruitment@bigtreefarms.co.id
    Saya ketipu sekitar Rp 3.400.000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut berduka, semoga bisa menjadi pelajaran buat kita semua, dan uangnya diganti yg lbh banyak...

      thanks infonya mbak :)

      Delete
    2. sama persis modus penipuannya dengan rekruitment PLN, skema nya sama minta bayar tiket ke agen travel dan untuk info loker nya baik PLN tow chevron saya dapat dari LINKED

      Delete
  22. Saya barusan dapat yang seperti ini persis gan.. makasih infonya.. ini membuat saya semakin yakin kalo memang panggilan test dari Chevron ini memang penipuan. Habisnya mencurigakan sih...

    ReplyDelete
  23. Saya hari ini dapat undangan test kerja hari kamis dari PT. Honda Lock Indonesia. Tempat seleksinya tetapi tidak di Lokasi PT nya di Cikarang, melainkan di Jakarta Timur. Awalnya saya optimis dengan lowongan ini, tapi setelah saya teliti dengan lowongan di PT lain, ternyata nomor staff penyeleksinya sama seperti yang di PT Honda.
    apakah ini penipuan?
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita harus waspada klo modus nya minta uang duluan apapaun bentuk nya, salah satu nya ya dengan modus suruh beli tiket dulu ke agen travel

      Delete
  24. Saya baru dapt email dr pt chevron ak cek email ny di menggunkan email pt_chevron@engineer.com
    Kira it email asli dr pt chevron ap tidak ya?

    ReplyDelete
  25. Saya baru dapt email dr pt chevron ak cek email ny di menggunkan email pt_chevron@engineer.com
    Kira it email asli dr pt chevron ap tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikutip dari website resmi pt chevron :

      Pelamar yang sedang menjalani proses seleksi dan lolos ke tahap berikutnya akan tetap dihubungi serta diundang secara resmi oleh Chevron melalui email dengan domain "@careers.chevronindonesia.com" atau "chevron.com" (contoh:admin@careers.chevronindonesia.com atau selectionadmin@chevron.com

      Delete
    2. Kejadian yg sama persis terjadi di saya beberapa jam lalu saya langsung kabarin org tua tapi saya jd bingung Itu dikutip dari website resmi pt. Chevron berarti itu juga penipuan kan yaa? Saya di email memakai email selectionadmin@chevron.com

      Delete
    3. Kejadian yg sama persis terjadi di saya beberapa jam lalu saya langsung kabarin org tua tapi saya jd bingung Itu dikutip dari website resmi pt. Chevron berarti itu juga penipuan kan yaa? Saya di email memakai email selectionadmin@chevron.com

      Delete
    4. mbak Sartika, coba cek ke link ini : http://www.chevronindonesia.com/careers/CareerRecruitingFraud.aspx untuk pengumuman resminya...

      Delete
    5. Iyah mas coba diselidiki pak kok bisa emailnya sesuai yaitu from Selectionadmin@chevron.com saya mau cari kesalahan itu tapi kok gak ketemu ya tetep dari email tersebut

      Delete
  26. Hampir ketipu,,udh girang dluan,tdi nya...mksh bnyak bro

    ReplyDelete
  27. Hampir ketipu,,udh girang dluan,tdi nya...mksh bnyak bro

    ReplyDelete
  28. Thank alot brother inponya..
    baru aja saya girang bgt telpon Bapak Chevron "modus" ,smpet excited bgt,untung segera browsing kebenaranya, dan baca inpo ini..
    syukur Alhamdulilah dah Gagal ketipu,and Gagal Nipu tuh Bapak Chevron "modus"
    makasih bro.. #SalamHormat

    ReplyDelete
  29. Sama-sama bro.. alhamdulillah gak jadi ketipu :)

    ReplyDelete
  30. Thanks infonya, baru aja saya dapat email serupa.. dan ketika lg asik2nya baca artikel ini yg menyebutkan dpt sms konfirmasi panggilan dikirim via email, pelaku mengirim smsnya ke saya. Spt adegan reka ulang.hahaha..

    ReplyDelete
  31. Thanks infonya, baru aja saya dapat email serupa.. dan ketika lg asik2nya baca artikel ini yg menyebutkan dpt sms konfirmasi panggilan dikirim via email, pelaku mengirim smsnya ke saya. Spt adegan reka ulang.hahaha..

    ReplyDelete
  32. thanks infonya, sangat membantu
    barusan saya juga dapat email dari selectionadmin@chevron.com sama seperti Annisa Sartika, isinya sangat mirip alamatnya tapi berbeda sekarang di riau untuk jadwal kegiatan sama dr tgl 25-27 juni.. Entah itu benar atau tidak tapi karena tesnya saja diluar jawa saya jadi tidak berminat untuk hadir.
    di email yang saya terima juga pt chevron menunjuk salah satu agen travel yang katanya sudah bekerja sama untuk efisiensi dan efektivitas perjalanan dan katanya nanti akomodasi diganti di hari pertama..padahal jelas jelas chevron tidak pernah menunjuk agen perjalanan manapun. kurang lebih isinya seperti itu

    ReplyDelete
  33. hampir saja suami saya ketipu. Alhamdulillah masih dilindungi Allah SWT. sy curiga awalnya karna ada tulisan yg typo di suratnya. aneh kan surat resmi kok salah tulis. akhirnya sy browsing dan bner2 penipuan. makasi infonya ya mba

    ReplyDelete
  34. hampir sama keluarga saya dapet surat dari chevron cuman pengirimnya sama persis kayak di keterangan chevron yaitu selectionadmin@chevron.com

    cuman dia nunjuk agen travel "media pelangi tour & travel" itu fix jebakan betmen kan?cmn salut aja ko bsa punya alamat email dengan domain yg sama persis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk email sender sebenarnya bisa "mencatut" domain lain. Coba cek di bagian "reply-to" nya apakah masih ke domain chevron atau bukan (salah satu cara ngeceknya).

      Delete
  35. file:///C:/Users/CSO/Downloads/REKRUTMEN%20CHEVRON%20INDONESIA%20BALIKPAPAN.pdf

    ReplyDelete
  36. Hampir... SUmpah awalny yakin bnget... di telusurin eh malah abal abal...
    makasih gan... hampir aja beli tiket...

    ReplyDelete
  37. hrd.ptchevron@dr.com nih min saya baru aja dapet email dari sini betul tidak sih ?

    ReplyDelete
  38. Terima Kasih Brader, ini saya hari ini baru saja ada sms & email penipuan nih. Hhe.. yang saya pikirkan sekarang tuh bagaimana cara menghentikan mereka supaya bisa dijebloskan ke penjara dan diangkat kasusnya ke media televisi

    ReplyDelete
  39. thanks, bro. untung gk kena tipu nie hehe

    ReplyDelete
  40. ane baru aja tadi pagi di email begitu bro hahaha
    kerja aja buat nyari duit eh disuruh beli tiket
    jangkring nih orang haha

    ReplyDelete
  41. makasih sekali untuk infonya hhehehe baru saya mau bayar eh tapi saya masih janggal dengan kenapa harus transfer ke rekening yang gak jelas..

    ReplyDelete
  42. 2017 ane juga hampir kena tipu brooo, namanya pt.vinacomindo (batu bara ngakunya), untung ane serching2 dulu dan nemu tulisan lu.
    Matur nuwun, salam dari solo

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku jg dpet email dr PT.Vinacomindo perusahaan batu bara dr vietnam, tp ujung-ujungnya suruh konfirmasi ke agen travel dan waktunya singkat sampai jam 17.00 pada hari sayang sama(ngirim emailnya pagi sekitar jam 10.30) . alhamdulillah ga sampe kena dan emng bner2 sy cek dulu kebenarannya. ternyata modusnya sama aja sana sini. dan yg agak meyakinkan yaitu domain emailnya lgsung hrd@vinacomindo.com yg mungkin bir org maskin percaya.

      Delete
    2. iya saya barusan juga dapat email dari PT.Vinacomindo, saat registrasi diminta transfer Rp 2.762.000 dalam waktu 45 menit harus segera ditransfer. Jelas banget penipuan.

      Delete
    3. So vinacomindo murni penipuan ya? wah website nya lumayan meyakinkan banget nih..

      Delete
    4. permisi..saya dapat info lowongan dari line job tentang vinacomindo ini. saya kira-kira daftar atau enggak ya. liat website nya di vinacomindo.com itu kok tampilannya standar aja ya.

      Delete
    5. Wahh terima kasih semuanya atas informasinya saya barusan dapat email dari perusahan vinacomindo juga...saya tadi hampir percaya ... tapi untung saya sempat baca disini dulu.... terimakasih banyak..

      Delete
    6. Saya sudah kroscek telp ke Energy Building Tower SCBD yang di aku2in kantor nih perusahaan dan ternyata dari pihak gedung bilang tidak ada PT VINACOMINDO LTD di gedung tersebut. Fix PT VINACOMINDO LTD penipuan

      Delete
    7. Makasih infonya hampit ajaa regis ke VINACOMINDO >. <

      Delete
    8. Intinya gini aja bro / sis, kalo pada salah satu tahapan seleksinya anda dimintai uang atau harus keluar uang dahulu dan ditentukan harus bayar ke mana, anda harus curiga karena kemungkinan besar penipuan.

      Perusahaan besar biasanya tidak meminta transfer atau menentukan travel agent tertentu.
      Dan yg penting jangan gelap mata dulu, cek ricek lagi...

      Salam,

      Delete
  43. wah barusan saya juga dapet sms kaya gini persis apa yang ada diatas, tapi no hpnya beda tapi tetep as, saya curiga ketika ada tulisan di suratnya kalo "biaya perjalanan sampe bandara nanti diganti oleh pihak perusahaan". saya inget temen saya yang hampir ketipu dengan modus kaya gini. eh bener aja pas saya cari di google tentang reviewan penipuan chevron ternyata yang saya dapet emang penipuan

    ReplyDelete
  44. Pernyataan di atas benar ada nya... baru pagi ini saya mengalami kejadian persis seperti di atas... awal nya saya percaya... tapi saya curiga ketika pihat agen meminta saya mengirim kan ongkos melalui tranfer dan mereka mengirim kan ke saya kode pembookingan pesawat... saya langsung cek saja ke kantor pusat penerbangan yang mereka sebutkan tadi... kebetulan dekat dengan tempat saya tinggal... ternyata hasil nya nol.. nama saya tidak ada di daftar orng yang membooking pesawat. Untung nya saya belum transfer... buat saudara2 harap berhati hati

    ReplyDelete
  45. Terimakasih infonya masgan, saya baru aja di sms dan buka email persis seperti diatas, curiga karena disuruh transfer duluan, dan untungnya orangtua melarang karena jauh. Hampir aja saya ketipu.
    ohiya saya mau nanya, gimana cara bedain email perusahaan yg asli dengan yg palsu? Terimakasih

    ReplyDelete
  46. terima kasih infonya. sama halnya saya juga td pagi mendapatkan email sperti di ats. pertma sempet yakin tapi sykurlah gk tertipu dngn penipuan lowngan tersebut.

    ReplyDelete
  47. nice sharing mas yg punya blog. sekedar informasi sblm melakukan tindakan sebaiknya di ricek dahulu kebenaran informasi, jangan sampe gelap mata hanya karena perusahaan besar. cek web di whois, cek email dgn cara foward. sekedar informasi pt.chevron indonesia tidak menerima karyawan baru atau melakukan perekrutan baru. setau info yg saya dapatkan dari saudara saya yg bekerja di chevron riau, chevron indonesia akan habis kontrak dgn pemerintah indonesia akhir 2018. jadi tdk akan mungkin mereka melakukan perekrutan karyawan. utk kawan2 dan sahabat semua.. tetap waspada dan cek dan ricek kebenaran informasi yg kita dapatkan. smga bermanfaat. salam

    ReplyDelete
  48. kawan2 bisa cek informasi berikut ttg chevron.

    http://ekbis.sindonews.com/read/1078444/34/chevron-ungkap-alasan-tak-perpanjang-kontrak-di-indonesia-1453207297

    ReplyDelete
  49. Makasih bnyk mba info nya saya dpt pngilan tes kemarin ni almtnya carers.chevronindonesia@gmail.com

    Sangat membantu jadi ga kenatipu

    ReplyDelete
  50. Mas saya dapet email juga dari ini selectionadmin@chevron-indonesia.com itu asli ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bohong itu. untuk lebih jelas bisa cek webnya langsung.. www.chevronindonesia.com/careers

      Delete
  51. Mas saya dapet email juga dari ini selectionadmin@chevron-indonesia.com itu asli ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda bisa cari informasinya disini

      http://www.chevronindonesia.com/careers/CareerRecruitingFraud.aspx

      Delete
  52. Tadi sempet baca ini cuma g sampe scroll ke komentarnya krn batas waktu transfer itu,emailnya meyakinkan banget krn domainnya kaya gt dan aku udah transfer untuk tiket pesawat,mulai curiga setelah diminta uang tambahan,yah kena 1,3 lumayan,tapi untung g transfer yg ke 2tambahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh sayang sekali ...
      tapi memang bisa dipahami, karena mereka ini memanfaatkan faktor psikologi korban..

      semoga menjadi pelajaran dan diganti yg lbh besar

      Delete
  53. Astagaaa. Baru ajaa dapet email yg kurang lebih sam. Dengan travel agent yang sama. Tp PT. Dima Indonesia. Seleksi di surabaya. Thanks bro. Untung ga ketipu.

    ReplyDelete
  54. Iya.. Sekarang kyknya modusnya kirim emailnya dari : selectionadmin@chevron-indonesia.com karena saya juga baruuu aja dpt email spt itu dg travel agent BUANA TOUR & TRAVEL 082346784769 dg Firman Agusta (ticketing)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saya juga dapet jam 8.20
      yang aneh pertama, kok kita harus ngasih ijazah dan transkrip asli -_- (ya saya yakin sih perusahaan besar gak begitu)
      lalu domain email beda dari yg Chevron asli sama dia nunjuk biro perjalanan sedangkan Chevron sendiri nggak nunjuk

      Delete
  55. Terimakasih infonya masbro... saya dapet email dgn attachment file pdf seperti itu setelah sebelumnya mendapat sms. Alamat emailnya selectionadmin@chevron-indonesia.com. Setelah baca surat panggilannya, saya lihat ada banyak sekali typo, salah tulis huruf kapital, alamat ditulis berantakan, dan penggunaan bahasa Indonesia yang tidak benar. Dibilang disitu bekerjasama dengan BUANA TOUR & TRAVEL, penanggung jawabnya FIRMAN AGUSTA (bagian Ticketing) dengan contact 0823-4678-4769. Katanya seleksinya di PEKANBARU, RIAU! Setelah saya coba telpon ke "travel agent"nya, ada suara bapak-bapak yang jawab "Halo", saya langsung curiga, biasanya travel agent kalo angkat telepon bilangnya, "Selamat siang, Buana Tour & Travel..." Setelah sempat ngobrol sebentar, saya dengar suara ayam berkokok berkali-kali di telepon. Saya curiga lagi, biasanya kantor travel agent kan di pinggir jalan, tapi ini kenapa kayanya sepi sekali terus ada suara ayam berkokok??? Kayanya tuh orang lagi di rumahnya kali ya... Saya tanya berapa biayanya dan dia bilang "Tinggalnya dimana mba?" saya jawab, "Depok". Kemudian dia bilang, "Berarti penerbangan jakarta ya?" dan dia bilang biayanya 3 juta lima ratus, kemudian dia tanya, "Mau langsung dibooking mba?". Langsung saya searching ttg penipuan pt chevron dan mampir ke blog ini. Terimakasih, semoga rezeki blogger ini lancar selalu karena sudah menyelamatkan saya dari kerugian 3 juta lima ratus ribu... Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... untung kewaspadaan anda tetap terjaga... jadinya anda selamat :)


      terimakasih doanya bro/sis :)

      Delete
    2. sama jessika saya juga. waktu telpon denger suara ayam berkokok berkali-kali juga. tapi kali ini namanya Arif Muliawan suaranya bapak2 jg. saya dikenakan tarif 3.950.000 contact nya 0823-9998-2168. namanya juga BUANA TOUR & TRAVEL

      Delete
    3. untung selamet ya teh saya juga denger suara ayam tapi pas saya nanya lagi langsung d matiin hpnya

      Delete
    4. untung selamet ya teh saya juga denger suara ayam tapi pas saya nanya lagi langsung d matiin hpnya

      Delete
    5. Makasih banyak informasi nya bro.. sangat membantu dan sangat2 bermanfaat bagi gue saat ini.. Alhamdulillah untung ga jadi.. sudah mana ane kere ya Alloh kalo tertipu lagi dgn uang pinjaman, bisa bunuh diri gue.. terima kasih atas segala bentuk informasi dari blog ini.. salam pemburu loker hehe

      Delete
    6. Sama aku juga dapet yang buana and travel atas nama Arif Muliawan nomornya 085342111282. Hampir mau beli tiketnya tapi alhamdulillah searching dan ternyata ini penipuan

      Delete
  56. saya pagi ini baru saja dapet sms dan email tp kali ini mengatas namakan PT. Pupuk Indonesia. untuk tes di denpasar bali. kronologinya semalam saya buka2 loker dan saya menemukan loker di PT. Pupuk Indonesia. Kemudian pagi saya langsung di kabari untuk tes. Undangan tes dan isi email sama persis dengan postingan ini hanya yang beda nama perusahaan saja. awal saya sudah seneng banget. saya sudah balas sms nya. saya sudah hubungi Buana tour n travel yg di rekomendasikan itu. bahkan saya sudah cari pinjaman uang untuk membayar biaya tersebut. Alhamdulilah Allah masih melindungi saya. sbelum transfer muncul inisiatif saya untuk googling web PT. Pupuk Indonesia. saya cari alamat dan no telponnya. kemudian saya telpon dan tanyakan tentang tes tersebut. ternyata itu hanya penipuan saja. dari perusahaan tidak atau belum mengadakan proses rekrutmen. Untung saya belum transfer dan uang masih bisa dikembalikan. sejauh ini kerugian finansial saya pulsa 30rb untuk telpon sana sini. tapi masih untung daripada rugi jutaan untuk penipu itu. terimakasih untuk postingan ini. karena lebih membuat saya yakin dan menyelamatkan saya dari penipuan. :)

    ReplyDelete
  57. thanks min ane hampir juga dan pas ane buka lagi tuh webset nya ilang dan semua yang di bilang bener semua thanks sekali lagi

    ReplyDelete
  58. Hari ini saya dapat panggilan yang sama melalui email dan sms dengan mengatasnamakan PT APEXINDO sama persis dia nyuruh saya boking tiket BUANA TOUR & TRAVEL, konfirmasi kehadiran sampe jam 5 sore. Waw luar biasa pengalaman berharga kembali saya dapatkan, semoga penipunya dibukakan pintu hidayahnya dan yang bikin blog ini dilancarkan rezekinya amin

    ReplyDelete
  59. Oke saya pernah dapet bosan email dari chevron bbrp bln yg lalu, untung ada temen yg bilang jangan percaya kalo disuruh tes jauh kan bisa aja dia bikin test daerah jawa lagian juga kan perusahaan gede masa cepet bgt udah dapet blsan email ya . Tq intinya bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sis, untung ada temen yg ngingetin juga.

      thanks sharingnya sis

      Delete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. Kok bentuk undangannya sama ya? saya dapat dari PT Multikarya Asia Pasifik Raya, modusnya sama.. apa jangan-jangan saya kena tipu juga?????????????????????? Astagfirulloh :(
    mana duit pinjem orang tua :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. turut berduka bro...

      jadikan pelajaran lain kali lebih berhati2 dan semoga diganti bro...

      Delete
    2. minta doa ama orangtua aja... biar dapat kerja yang terbaik dan berkah..

      Delete
  62. Saya juga baru dapet email yang sama mas, jadi kelanjutannya dr kasus anda gimana ya?

    ReplyDelete
  63. Jelas penipuan sis, jadi ga saya lanjutin juga...

    ReplyDelete
  64. baru dapat info email dan sms yang sama,
    tapi langsung sy konfirmasi ke orang kenalan di Chevronnya,
    "hari gini" bidang oil dan gas lagi pengurangan pegawai... kemungkinannya kecil kalau lagi open recruitment..

    nice share buat yg bikin, semoga berkah karena membantu banyak orang agar tidak terjebak.

    ReplyDelete
  65. Hari ini saya juga dapet sms yg mengatasnamakan chevron.
    Dan sama banget isinya. Saya share disini aja ya....
    Nomor teleponnya : 081236341456
    Dan seperti yang dibilang diatas, chevron ini pun bekerjasama dengan buana tour and travel.
    Terima kasih info dan hasil sharing dari teman teman...

    ReplyDelete
  66. Hampir sore ini suami n sy ketipu..untung sy baca website resmi, akhirnya terselamatkan..

    ReplyDelete
  67. Kecurigaan saya jadi kenyataan. Membaca komentar2 sebelumnya di blog ini setelah menerima email dari chevron.id@indo-career.com, tulisannya banyak misspelling, lalu nama BUANA tour and travel lagi2 tertulis di isi pengumuman!

    ReplyDelete
  68. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  69. Wah saya baru dapet bgt nih emailnya. Untung ngecek ngecek dulu. Thanks

    ReplyDelete
  70. Baru dapat juga surat interview dari iklan lowongan kerja PT Chevron di Linkedln dilihat dari attachment dan email id nya tipu:chevron.id@indo-career.com. berhati-hatilah....

    ReplyDelete
  71. wah hati hati alhamdulillah saya juga baru dapet email seperti ini dengan nomer hape 0816708269 serta bagian ticketing arif muliawan dengan nomer hp 085337536667 mengatasnamakan PT CHEVRON PASIFIC INDONESIA dengan email selection@chevronindonesia.co.id harus hati2 padahal email berbayar benar2 sindikat penipuan yang cerdas ,,, hati hati

    ReplyDelete
  72. Ada yang pernah menindaklanjuti kasus yang sudah tertipu belum ya? Atau didiamin saja? Kan mereka akan tetap beraksi kalau tidak kena sanksi

    ReplyDelete
  73. Saya juga baru dapet sms dan email yg sama persis seperti ini. Untungnya sodara saya menyarankan coba cek web aslinya.

    Tertulis di web asli di menu karir. Pada poin 2 seperti berikut:
    "Pelamar yang sedang menjalani proses seleksi dan lolos ke tahap berikutnya akan tetap dihubungi serta diundang secara resmi oleh Chevron melalui email dengan domain "@careers.chevronindonesia.com" atau "chevron.com" (contoh: admin@careers.chevronindonesia.com atau selectionadmin@chevron.com)"

    Sedangkan email yg saya dapatkan yaitu dengan domain @chevronenergy.in
    Njirr.. domain dr india 😂😂
    Berikut travel agen dan nomornya
    Travel: travel solution (085210265125)
    Dan mngkonfirmasi sms ke:bpk. Muhammad yamin (082194733623)

    Untuk kawan pencari kerja. Harap lebih mencari tau dulu lebih lanjut informasinya.meskipun ini dr pt yg besar. Kita mesti tetap berhati2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi yang dapet email dari selection@chevronindonesia.co.id itu penipuan ya?

      Delete
  74. Replies
    1. penipuan gan. itu jelas jelas domainya .co.id, kalau bener sama pun mesti check lagi, sperti suruh transfer ke agent tertentu atau tidak, yang jelas di website resminya chevron mereka udah membahas tentang itu

      Delete
  75. baru aja dapet ini tai pagi, hahaha sempet seneng dan speechles sih, tp lebih ke bengong soalnya lupa pernah daftar di chevron, agak mulai curiga pertama di domainnya, mereka pakai domain chevron.id@indo-career.com, kedua mereka suruh pake agent tertentu, kemudian saya check di google, kaskus, dan nemu tulisan mas ini, segala macem termasuk info mengenai travel agent nya, dan benar semua fake haha, untung deh ga ketipu, untuk kedepannya hati hati ya agan agan, kadang curigaan atau waspada diperlukan, salam supermi

    ReplyDelete
  76. gan saya juga dapet, hampir persis sama . Barti itu udh jelas bgt penipuan dong ya ?

    ReplyDelete
  77. sepertinya saya sama dengan pa andreas kristiawan hahaha bener apa kagak????? thu panggilan ...

    ReplyDelete
  78. cowok saya pagi ini dapet email dengan format yang sama mengatasnamakan PT Tiga Permata Ekspres. format undangan semua persis sama dgn yang dishare. cowok saya melamar pekerjaan yang ditujukan ke PT Tiga Permata Logistik melalui jobstreet.com. setelah email undangan interview diforward ke saya, tertera kontak travel solutions untuk melakukan booking tiket pesawat, bahkan disurat undangan disebutkan gaji scr spesifik yaitu 9 juta dan 14 juta.

    saya cek kembali ke jobstreet untuk melihat postingan PT Tiga Permata Logistik yang sudah dilamar oleh cowok saya, disebutkan bahwa mereka tidak pernah bekerja sama dgn travel agen/biro perjalanan tertentu dalam proses rekrutmen. disini saya tertarik untuk menggali informasi lebih dalam dan ternyata benar sudah banyak orang yang memposting ttg penipuan berkedok perekrutan spt ini.

    mudah2an kita semua lebih berhati-hati, cari kebenarannya dulu dari berbagai sumber. biar Yang Maha Kuasa yang bertindak bagi orang orang tsb. thanks uda diposting gan, infonya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  79. Wah ternyata penipuan PT Chevron Pasific Indonesia sudah dari dulu2 toh makanya kog ya gampang sekali melamar dan mendapatkan panggilan tes padahal skala perusahaan yg besar sekali per Desember 2017 tersebar kembali perekrutan ini termasuk saya yg mendapatkan email-nya. Jgn sekali2 tergiur dgn hal-hal yg belum pasti keberadaan apalagi lintas pulau ini. Makasih

    ReplyDelete
  80. Wah ternyata penipuan PT Chevron Pasific Indonesia sudah dari dulu2 toh makanya kog ya gampang sekali melamar dan mendapatkan panggilan tes padahal skala perusahaan yg besar sekali per Desember 2017 tersebar kembali perekrutan ini termasuk saya yg mendapatkan email-nya. Jgn sekali2 tergiur dgn hal-hal yg belum pasti keberadaan apalagi lintas pulau ini. Makasih

    ReplyDelete
  81. saya sudah tertipu dengan gampangnya saya transfer uang kpd pihak tour and travel nya sebesar 5jt rupiah, entah mengapa saya tidak ada curiga seperti terhipnotis pada saat saya berkomunikasi via tlf dengan si penipu, dia suruh saya ke ATM untuk aktivasi code kartu peserta, dan saya mengiya akhirnya secara gak sadar dan gak tau mengapa saya transfer uang tersebut sesuai dengan panduan dia. saya sudah tlf pihak bank untuk memblokir account si penipu tapi prosesnya sangat lama dan kemungkinan si penipu sudah menarik uang tersebut. apakah ada disini korba seperti saya? mari kita bersatu memberantas kedok penipuan ini dgn cara lapor polisi bareng bareng karna kalau hanya satu orang yang lapor mereka cuman bilang penipuan kaya gini sulit dilacak, dan terkesan masa bodo dengan laporan saya.

    ReplyDelete
  82. Info, tadi siang saya juga hampir tertipu dengan orang yang mengatasnamakan Pt. Chevron. Untung saja saya coba tlp ke no orang yang mengirimkan saya pesan untuk panggilan di Pt. Chevron. Lalu saya bertanya, mengapa transport ditanggung peserta ya, eh orang tersebut malah marah2 dan berkata kasar nah dari situ saya tau kalau saya kena penipuan. Untung saja saya kroscek terlebih dahulu sebelum mentrasfer uangnya. Semoga setelah ini tidak ada korban lagi ya dan para penipu mendapatkan hidayah. Amiiiin

    ReplyDelete
  83. Terimakasih infonya sangat berguna....untung saja sebelum melangkah lebih jauh bljar untuk cari2 info yang benar...cukup aneh jika perusahaan besar, mengirim sms untuk rekrut pegawai...untuk yg tidak tahu ini bnr2 berbahaya...

    ReplyDelete
  84. Makasih banyak infonya mas, hampir aja saya percaya dan booking tiketnya tapi hati kecil masih ragu-ragu dan mencari kebenarannya di google dan ternyata benar kalau cpi iu hoax karena domain yg benar bukan seperti itu dan isi attachment email-pun ga sperti gaya bahasa perusahaan tp lebih ke marketing, semoga kita bisa lebih teliti lagi dalam memilih perusahaan dan berhati-hati

    ReplyDelete
  85. saya baru saja mengalami kejadian begini, email undangan yang dikirimkan bener bener terlihat bagus, hampir tidak ada kecurigaan dari saya sendiri, untung saya membaca blok anda, terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  86. Makasih bgt mas udh berbagi pengalamannya. Ane dpt email persis kyk gini untung ane gk datang karena tempatnya jauh, ternyata emang penipuan. Sekarang ane lebih waspada lagi kalau dapat sms panggilan, artikelnya sangat membantu mas.

    ReplyDelete
  87. Baruuuu bgt pagi ini dapet email kaya agan. Atas nama PT Pro Energi (perusahaan minyak juga). Sempet saya tergiur kaya agan, pas di telaah lebih lanjut. Skrg hari jumat (tgl merah), ya kalii ada kantor yg masuk di tgl merah. Dan lucunya tes dilakukan di hari minggu - senin wkwk anehh tapi overall cukup rapih penipunya dlm hal penulisan. Thx gan sudah berbagi ceritaa

    ReplyDelete
  88. Halo,
    Ini untuk menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Rose Badmus, pemberi pinjaman swasta telah membuka peluang keuangan bagi siapa saja yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman kepada perorangan, perusahaan, dan perusahaan dengan persyaratan dan ketentuan yang jelas dan mudah dimengerti, hanya suku bunga 2%. hubungi kami hari ini melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan syarat dan ketentuan pinjaman kami di: (roseofsharonfinance@gmail.com)

    ReplyDelete
  89. Minta pencerahan juga, saya juga dapet via sms dan email +6285256212357 dan via email ptchevronpacificindonesia2@gmail.com

    ReplyDelete
  90. sama juga mengalami pengalaman yang sama.suami sih yang dapat panggilan interview dari PT badak LNG.mengaku dari travel solution.kata suami saya emailnya rapih banget dan valid.karna suami saya tdk ada sinyal di lokasi saya yang disuruh transfer.dah keburu transfer nomernya langsung tidak aktif.sudah lapor polisi tapi ribet

    ReplyDelete
  91. Hari ini aku dpt email dari pt. Chevron, persis seperti di atas, terus suru bayar akomodasi di awal. Dan tahap seleksinya di riau. Sy jd takut itu bnr apa engga

    ReplyDelete
  92. Terimakasih karena atas penjelasan nya barusan saja sy dapat email dan smsngaS apadahal sy tdk pernah apply ke perusahaan tsb.

    ReplyDelete
  93. Haha... sy juga baru dapat sms dan email undangan dari PT Chevron, dan sy sempat juga telp pihak Travelnya, bilangnya dari BUANA TOUR & TRAVEL, dan bagian tiketingnya bernama Firman Agusta. Pas sy bicara di telp, dia tanya bbrp identitas sy untuk klarifikasi data peserta interview, lalu dia tanya kota tempat tinggal sy, setelah sy sebutkan dengan lancarnya dia langsung katakan nominal yang harus sy transfer utk biaya tiket Garuda PP, hotel dan transportasi selama di Riau, sy harus langsung transfer sejumlah 3,850,000 saat itu juga dan ditunggu hanya dalam waktu 30 menit karena kalau belum transfer juga akan dinyatakan hangus.

    Karena sy agak curiga koq sepertinya irang ini terburu-buru sekali bicaranya, padahal sy yg telp, pulsa ya pulsa sy juga ��, jadi sy tanya ke dia, sebelum sy transfer apa yg jadi jaminan/ pegangan buat sy, dia jawab kalau dalam 5 menit setelah transfer sy akan diemailkan kuitansi pembayarannya. Karena sy masih kurang puas terus sy tanya alamat lengkap Buana Travel itu dimana, terus dia menyebutkan satu alamat di daerah Riau.

    Tapi karena sy mungkin terlalu banyak tanya begitu, si Pak Firman Agusta ini lalu memotong pertanyaan sy, dia bilang tolong bapak tunggu sebentar karena dia ada telp lain yang sudah janji transfer biaya perjalanan ke dia, dia bilang sy suruh tunggu, jangan diputus telpnya, tapi setelah dia bicara gitu dia sendiri yg putus telp sy ��.

    Dari situ sy makin curiga dan kemudian sy langsung googling ini, tadinya sy mau cari websitenya daei Buana Travel Riau itu, ternyata sy dapat blog-blog seperti ini yang isinya ternyata persis seperti dengan apa yg sy alami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasus Kita Sama Bos... Untung tidak sampai ketipu

      Delete
  94. Terima Kasih Atas Informasinya... Info ini sangat membantu Bos... Saya juga hampir ketipu

    ReplyDelete
  95. Terimakasih infonya min.. saya dapet email dgn attachment file pdf seperti itu setelah sebelumnya mendapat sms. Alamat emailnya selectionadmin@chevron-indonesia.com. Setelah baca surat panggilannya, saya lihat ada banyak sekali typo, salah tulis huruf kapital, alamat ditulis berantakan, dan penggunaan bahasa Indonesia yang tidak benar. Dibilang disitu bekerjasama dengan BUANA TOUR & TRAVEL, penanggung jawabnya FIRMAN AGUSTA (bagian Ticketing) dengan contact 0812-5768-6669. Katanya seleksinya di PEKANBARU, RIAU!

    ReplyDelete
  96. Alhamdulillah..
    Setelah saya baca artikel ini, Sekarang saya semakin yakin bahwa undangan yang saya terima adalah penipuan
    Tadinya saya masih ragu" karena kaka saya memberi saran untuk mengabaikan saja / tidak usah ikut tes. Karena katanya kalau perusahaan besar biasanya perusahaan yg akan menyiapkan semua, tidak ada sistem ganti" uang begitu
    Tidak usah dipikirkan kata kaka saya. Tenang, karena surat panggilan seperti itu biasa saja masih banyak lowongan kerja yg lain

    Terimakasih untuk informasinya min.. 😇

    ReplyDelete
  97. Sangat lengkap, terimakasih infonya
    Saya daprt panggilan 22-25 maret 2019
    Untng saya cari" info dulu.
    Memang sebelumnya saya agak curiga juga sih.
    Sekali lagi terimakasih atas infonya

    ReplyDelete
  98. apakah ada yang dapat panggilan interview Minggu 14 April 2019?

    ReplyDelete
  99. Makasih infonya. Baru aja suami saya dapat email percis kayak gitu. Sempet seneng sebentar dong. Eh terus kita langsung kroscek di gugel dulu. Eh nemu artikel ini. Fix untungnya ga jadi ketipu.

    ReplyDelete
  100. Izin Share, saya ditolong oleh blog ini, pertama saya berterima kasih buat mimin. Kejadian persis bgt sama yg saya alami. Kecurigaan saya karena saya bingung, kok buana tour n travel? kan adanya banyu buana
    trus saya search kan, eh munculnya langsung ini di paling atas
    trus saya di marahin pihak travelnya kok lama, lha apa urusan dia kl saya lama balas sms dia, trus orang travelnya salah sebut tanggal keberangkatan saya terus sama pulangnya, mungkin dia lagi contact dengan calon korban lain. Sekali lagi terima kasih mimin.

    trus tket garuda PP sama hotel gak mungkin 4.950rb

    ReplyDelete
    Replies
    1.  Peserta Tes diwajibkan untuk melakukan SMS konfirmasi kehadiran ke Nomor HRD
       Nomor: 0823 4811 6388 dengan format : CHEVRON#NAMA#HADIR/TIDAK HADIR
       Penanggung Jawab : Arif Muliawan (Bagian Ticketing)
       Bagian Reservasi : 0852 5558 5386

      Delete
    2. IDR 4.950.000 Transfer ke Rek. CEMB NIAGA bendahara Buana Travel A/N. SYAFIRAH AYU F No.Rek: 704637686900

      Baru tahu ada bank CEMB NIAGA, Wakaka..

      Delete
  101. Saya di email dari : rekrutmen@chevron.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. No. : 01378 / HRD / CHEVRON/ BPH / 2019
      Perihal : Panggilan Interview Chevron Job Fair (BPS/BPA – 2019)
      Lamp : VI (Enam) Lembar
      Yth, Calon Karyawan PT. Chevron Pacific Indonesia.
      Di, -
      Tempat.
      Dengan Hormat,
      Sehubungan dengan rekrutmen calon karyawan pada perusahaan PT. Chevron Pacific Indonesia
      untuk wilayah kerja meliputi Region Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Bagian Indonesia Timur
      yang dilaksanakan di Departement of Human Resources Development PT. Chevron Indonesia
      yang bertujuan untuk menentukan individu-individu yang tepat dan berkualitas sesuai dengan
      tuntutan dan tantangan dari setiap posisi yang kami tawarkan guna mendukung keberhasilan
      dan keberkelanjutan dari kegiatan operasi PT. Chevron Pacific Indonesia
      disetiap wilayah kerja di indonesia.
      Berdasarkan hasil evaluasi awal Tim Recruitment Selection Department of Human Resources
      Development terhadap lamaran pekerjaan yang diterima,dengan ini dinyantakan bahwa
      Telah Memenuhi Persyaratan Administrasi dan Kualifikasi,Sehingga saudara(i) diundang
      untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya Melalui Bimbingan Job Fair BPS & BPA–2019.
      Yang akan diadakan sesuai dengan jadwal sebagai berikut :

      Hari / Tanggal : Kamis/19 September 2019
      Waktu / Jam : 08.00 WIB - Sampai Selesai
      Tempat : Jl. Rumbai Camp, Lembah Damai, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau

      Unt Untuk dapat mengikuti seleksi ini Saudara (i) diwajibkan membawa :
       Surat Panggilan Tes yang sudah dikirim via E-mail ke masing-masing peserta
       (Surat Mohon diPrint).
       KTP/SIM (Kartu Indentitas Diri) Asli.
       Alat Tulis (Pensil 2B, ballpoint dan penghapus).
       Peserta diharap hadir di tempat tes 30 menit sebelum waktu yang ditentukan(apabila tidak hadir
      dianggap mengundurkan diri)
      Demikian kami sampaikan untuk menjadi perhatian.
      Pekanbaru, 17 September 2019
      Hormat Kami,

      Tembusan :
      - Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)
      - DEPNAKER ( Departemen Tenaga Kerja)
      - BP SKMIGAS
      - Chevron Job Fair

      © 2001 - 2019 Chevron Corporation. All Rights Reserved..
      Berikut ini Pengumuman daftar peserta yang Berhak mengikuti Tes Seleksi Rekrutmen
      (Chevron Job Fair BPS/BPA/2019)

      Delete
    2. Berikut ini Pengumuman daftar peserta yang Berhak mengikuti Tes Seleksi Rekrutmen
      (Chevron Job Fair BPS/BPA/2019)
      Keterangan :
      ----- --- -- --- -- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- - -- --- -- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- -- --- -- --- -- --- -- --- -- --- -- ---

       Peserta Tes diwajibkan untuk melakukan SMS konfirmasi kehadiran ke Nomor HRD
       Nomor: 0823 4811 6388 dengan format : CHEVRON#NAMA#HADIR/TIDAK HADIR

       Peserta diwajibkan melakukan Reservasi Pemesanan Ticket(Ticketing) di TRAVEL yang sudah
      disiapkan oleh Perusahaan,serta Mobilisasi (Penjemputan peserta di Bandara Menuju ke tempat
      pelaksanaan kegiatan)
       Peserta diharapkan melaporkan ke:

      Penanggung Jawab : Arif Muliawan (Bagian Ticketing)
      Bagian Reservasi : 0852 5558 5386

      Untuk efisiensi,efektifitas dan untuk meminimalisirkan segala keperluan yang dibutuhkan,dalam
      proses keberangkatan calon karyawan,maka PT. Chevron Pacific Indonesia kerjasama
      dengan salah satu biro perjalanan “Buana Tour & Travel” yang bertugas dan bertanggung
      jawab terhadap :
       Reservasi tiket pesawat pulang pergi bagi peserta diluar Pekanbaru
       Menjemput peserta ke alamat tempat tinggal dari Rumah ke lokasi kegiatan bagi peserta lokal
       Menjemput dan Mengantar peserta setibanya di Bandara(airport), ke tempat inap(Hotel)&
      antar jemput ke lokasi kegiatan selama kegiatan.

      © 2001 - 2019 Chevron Corporation. All Rights Reserved..
      AKOMODASI DAN TRANSPORTASI


      Biaya Akomodasi dan Transportasi ditanggung oleh PESERTA (untuk sementara),
      dengan ketentuan biaya pembelian ticket kedatangan/kepulangan dan biaya inap(Hotel) selama Tes
      Seleksi/Interview akan digantikan oleh PERUSAHAAN setelah tahapan seleksi selesai,
      selanjutnya bukti ticket Airport Tax, Boarding Pass dan bukti perjalanan lainnya harus diserahkan
      ke Panitia Tes Seleksi.

      _ KETERANGAN

      1. Rekruitmen Karyawan pada perusahaan kami PT. Chevron Pacific Indonesia untuk
      periode Awal Tahun 2019 meliputi wilayah kerja Region Jawa, Region
      Sumatera, Region Kalimantan dan Region Indonesia Timur yang dilaksanakan
      berdasarkan Peraturan Perusahaan Nomor : 22 Tahun 2007 dan Standar
      Operation Procedure (SOP) Department of Human Resources Development )
      dengan membuka kesempatan bagi anda untuk turut bergabung bersama
      tenaga-tenaga profesional dibidangnya dan bersama-sama mengatasi setiap
      tantangan menjadi peluang keberhasilan .
      2. Rekruitmen Karyawan ini melalui proses/tahapan rekrutmen dengan seleksi
      berbasis kompetensi dan transparansi sehingga untuk tahapan seleksi yang
      menjadi tugas dan tanggung jawab Department of Human Resources
      Development sehingga pelaksanaannya dilaksanakan di Riau dengan tujuan
      untuk menentukan individu-individu yang tepat dan berkualitas sesuai dengan
      tuntutan dan tantangan dari setiap posisi yang kami tawarkan guna
      mendukung keberhasilan dan keberkelanjutan dari kegiatan operasi
      PT. Chevron Pacific Indonesia disetiap wilayah kerja.
      3. Tahapan Penerimaan/Rekruitmen Calon Karyawan perusahaan kami terdiri
      Atas 3 (tiga) tahapan yakni :
      a. Tahapan Seleksi
      b. Penanda tangan Perjanjian Kerja
      c. On the Job Training di lokasi penempatan masing-masing
      4. Lampiran persyaratan administrasi peserta untuk mengikuti tahapan seleksi adalah :
      1. Kartu Tes
      2. Daftar Riwayat Hidup
      3. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang berlegalisir asli (cap basah)
      4. Fotokopi KTP yang masih berlaku (asli diperlihatkan)
      5. Pas Foto berwarna ukuran 4 x 6, 2 lembar

      Delete
    3. METODE-METODE PENGEMBANGAN
      1. Rencana Rotasi Kerja - rotasi di berbagai bagian dalam departemen.
      2. Rencana Pengembangan Terfokus – pengembangan kompetensi yang dimiliki posisi tertentu.
      3. Pembelajaran di Luar Tempat Kerja.
      4. Pembelajaran di Tempat Kerja.
      5. Pembelajaran Diri Sendiri.
      6. Observasi Terstruktur.
      7. Penugasan kelompok dan/atau individual berskala kecil.
      8. Anggota tim – Proyek-proyek jangka pendek.
      9. Pemimpin Proyek – Proyek-proyek kecil.
      SYARAT UMUM
      1. Bersedia ditempatkan di wilayah operasi PT. Chevron Pacific Indonesia Seluruh Indonesia
      2. Memiliki kemapuan dasar Bahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis.
      3. Penggunaan Komputer (Min. word).
      4. Memiliki kemampuan & kompetensi inti yang mencakup, berorientasi keberhasilan, berpikir
      analitis, keselamatan kerja dan lingkungan, serta kepekaan budaya & kepemimpinan.
      KETENTUAN KETENTUAN BAGI PESERTA
      1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasakan keputusan pengadilan yang telah
      mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan sesuatu tindak pidana kejahatan.
      2. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan
      hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), atau diberhentikan secara tidak dengan hormat
      sebagai pegawai swasta.
      3. Bersedia untuk tidak berpindah ke Instansi lain maupun unit kerja selain yang telah ditetapkan
      di perusahaan terhitung sejak tanggal pengangkatan sebagai karyawan tetap.
      4. Tidak menjadi Pengurus dan atau anggota Partai Politik (ParPol).
      5. Bersedia mengikuti Tes Seleksi dan mentaati semua peraturan yang berlaku dengan Hak dan
      Kewajiban.
      TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI :
      Seleksi dilakukan secara bertahap sebagai berikut :
      Seleksi Administrasi melalui kelengkapan persyaratan pada surat lamaran.
      Bagi yang lulus seleksi administrasi akan diberikan KARTU PESERTA dan
      Seleksi akademik terdiri dari materi :
      a. TKD (Tes Kompetensi Dasar) meliputi :
      1. Tes Wawasan ;
      2. Tes Intelegensi Umum ;
      3. Tes Karasteristik Pribadi ;

      b. Bagi yang dinyatakan memenuhi persyaratan lulus Kompetensi Dasar, Untuk mengikuti
      Tes berikutnya mencakup :
      1. TKB (Tes Kompetensi Bidang/Subtantif) ;
      2. Wawancara ;
      3. Pelaksanaan kompetensi dasar dilaksanakan pada JADWAL di atas sesuai dengan tempat
      lokasi tes yang dipilih dan pelaksanaan seleksi. Keputusan Panitia bersifat Mutlak dan tidak
      dapat di ganggu gugat.
      c. Pemeriksaan Kesehatan Pra Bekerja.


      © 2001 - 2019 Chevron Corporation. All Rights Reserved..

      d. Mengikuti Program BPS & BPA (Bimbingan Profesi Sarjana/Ahli) selama 3 bulan meliputi :
      1. Program Induction Karyawan Baru ;
      2. Program Safety Orientation ;
      3. Program Pengembangan Berbasis Kompetensi ;

      Delete
    4. LAIN_LAIN
      1. Setiap peserta yang lulus seleksi Administrasi dan Kompetensi Dasar maupun bidang akan kami
      hubungi (Via Telepon).
      2. Seleksi masuk tidak dipungut biaya.
      3. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi wajib menunjukkan Ijazah asli pendidikan terakhir untuk
      diteliti keabsahannya, dengan pas photo terbaru berwarna dengan ukuran 4x6 sebanyak 5 lembar.
      4. Apabila Pelamar memberikan keterangan data tidak benar baik pada setiap tahapan seleksi,
      maupun setelah menjadi karyawan, maka kami berhak membatalkan kelulusan tersebut dan atau
      memberhentikan sebagai karyawan di perusahaan.
      KEBIJAKAN PT. Chevron Pacific Indonesia
      PT. Chevron Pacific Indonesia menyatakan gaji karyawan lapangan akan meningkat berlipat-lipat
      kali bila di dasarkan pada level tuntutan SERIKAT PEKERJA PT. Chevron Pacific Indonesia:
      Dasar Gaji Awal untuk Karyawan Baru PT. Chevron Pacific Indonesia sebesar Rp. 8,5 juta/bulan.
      Bagi karyawan non staf dengan kompetensi tertinggi, PT. Chevron Pacific Indonesia akan
      menetapkan gaji Rp. 10,5 - 19,5 juta/bulan..
      KARIR
      Kesempatan untuk berkembang di PT. Chevron Pacific Indonesia sangat terbuka luas karenakami memiliki
      bisnis dari hulu sampai ke hilir, mulai dari Eksplorasi& Produksi, Pengolahan, Distribusi hingga
      Pemasaranproduk-produknya, serta panas bumi.
      Sebagai investasi kami di masadepan, kami menyediakan dana yang sangat besar untuk menciptakan pekerja
      berprestasi,menciptakanpemimpin-pemimpin masa depan yang tangguh,yang mampu membawa Pertamina
      menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang.Kami juga berkomitmen untuk memajukan riset dan

      pengembangan yang didukung oleh teknologi terkini.
      Salah satu elemen vital dalam transformasi PT. Chevron Pacific Indonesia adalah perubahanbudaya. Kami
      berupaya secara terus menerus membangun budaya yangberorientasi kinerja. Kinerja anda akan berkontribusi
      terhadap programtransformasi dan pencapaian target perusahaan. Kami memberikankesempatan yang sama
      kepada semua pekerja untuk mengembangkan ide,kreativitas dan berinovasi. Kami memberikan kesempatan
      yang sangat luasbagi anda untuk mengembangkan seluruh potensi dan kemampuan diri. Kamiyakin Anda
      mampu menunjukkan kinerja terbaik.

      © 2001 - 2019 Chevron Corporation. All Rights Reserved..
      REKRUTMEN _
      Kami merekrut pekerja-pekerja handal dari:
      1. Tenaga Fresh graduate: Program untuk fresh graduate terdiri dari Bimbingan Profesi Sarjana (BPS),
      Bimbingan Profesi Sarjana Teknik (BPST), Bimbingan Praktis Ahli (BPA), Bimbingan Praktis Ahli
      Teknik (BPAT). Program ini mencakup class room dan on-the-job training. Kami menyiapkan
      lingkungan yang kondusif untuk mengenal perusahaan, semua bisnis dan nilai-nilai kami.
      2. Tenaga berpengalaman: Untuk memenuhi kebutuhan kami akan keahlian dan pengalaman tertentu.
      PENGEMBANGAN PEKERJA
      Program pengembangan pekerja di PT. Chevron Pacific Indonesia dimulai saat Anda bergabung bersama
      kami dan berlangsung terus menerus sepanjang karir Anda diperusahaan.Program pengembangan kami
      antara lain:
      1. Kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi secara selektif di dalam/luar
      negeri, untuk meningkatkan kapabilitas dan kompetensi untuk membangun profesionalisme pekerja.
      2. Pelatihan, seminar, workshop di PT. Chevron Pacific Indonesia Learning Centre maupun institusi-institusi
      ternama di dalam/luar negeri di bidang Manajerial, Spesialis, Teknis, Leadership dan Budaya.
      3. Sertifikasi profesional.
      4. Coaching & mentoring.
      5. People Review yang merupakan Sistem Manajemen Kinerja di PT. Chevron Pacific Indonesia, untuk
      menilai kinerja dan sebagai dasar untuk program pengembangan pekerja.
      6. Jalur karir Manajerial dan Spesialis.
      7. Internal job posting, memberikan kesempatan untuk merubah karir di lingkungan Chevron Indonesia.
      8. Penugasan di anak perusahaan merupakan bagian dari pembinaan dan pengembangan pekerja yang
      dilakukan secara terencana.
      Societ. per Azioni
      Capital Stock 0O2150685779 fully paid
      Tax identification number and Milan CompaniesÕ
      Register No. 0822211177
      Chevron is a subsidiary of Eni

      Delete
    5. IDR 4.950.000 Transfer ke Rek. CEMB NIAGA bendahara Buana Travel A/N. SYAFIRAH AYU F No.Rek: 704637686900

      Baru tahu ada bank CEMB NIAGA, Wakaka..

      Delete
    6. Napa gak minta 10 juta aja sih, haha

      Delete
  102. Semoga kita semua selalu dalam lindungannya. Amiin
    Terutama penulis blog ini, saya sangat berterimakasih, karena keberadaan blog ini menghindrkan saya dari penipu yg mengatasnamakan perusahaan yg kita idam2kan..

    Tertap selalu waspada rekan2 pekerja.

    ReplyDelete
  103. mksh gan infonya . tdi siang gw dpt undanganya untung aja blm brangkat . serching2 dlu ehh nemu penjelasan lu . sekli lagi terimakasih banyak . semoga kita semua selalu dlam lindungan yang maha kuasa .

    ReplyDelete
  104. Dear : Custumer Import & Domestik
    Kami dari PT TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Keterangan tambahan :
    1. Nomor Induk Berusaha ( NIB )
    2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    3. SPI-PI Besi Baja,
    4. SPI-PI Produk Kehutanan,
    5. SPI-PI Barang Bekas,
    6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
    7. Produk-produk Lartas SNI

    Berikut Attecment terlampir.

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id, www.twin.co.id

    ReplyDelete